Walau tak lagi diperkuat Abbath yang hengkang pada 2015 lalu, namun unit black metal veteran asal Norwegia, Immortal bertekad untuk terus melaju. Pada 6 Juli 2018 mendatang, dua personel yang tersisa – yakni vokalis dan gitaris Harald “Demonaz” Nævdal serta dramer Reidar “Horgh” Horghagen – bakal merilis album terbaru bertajuk “Northern Chaos Gods” via label Nuclear Blast.

Di album berdurasi 45 menit tersebut, Immortal menjanjikan konsep musikal yang mengeksplorasi kembali akar musik mereka, ‘gelap’ dengan tempo cepat tanpa ampun. “Kami sangat berdedikasi kepada Immortal serta musik kami di masa lalu. ‘Northern Chaos Gods’ sangat terkonsep, (dan) setia kepada para penggemar serta sejarah musikal kami sangat signifikan dalam hal ini. Kami telah menumpahkan energi berlimpah untuk (album) ini, dan kami ingin mempersembahkan yang terbaik dari kami,” cetus Demonaz dan Horgh lewat siaran pers resminya.

Sebagai pendahuluan, Immortal rencananya bakal meluncurkan single yang dijadikan judul album, “Northern Chaos Gods” dalam format piringan hitam (vinyl) ukuran tujuh inchi pada 25 Mei. Pihak label akan memproduksinya dalam tiga pilihan warna, dan dalam jumlah terbatas. Sementara untuk versi digital, single tersebut akan tersedia lebih awal, yakni pada 11 Mei mendatang.

Proses rekaman album “Northern Chaos Gods” digarap Demonaz dan Horgh di Abyss Studio bersama Peter Tägtgren, produser yang telah menangani produksi rekaman Immortal sejak album kelima. Immortal pertama kali menggeliat pada 1991, dibentuk oleh Abbath dan Demonaz dan telah menghasilkan delapan album studio, yakni “Diabolical Fullmoon Mysticism” (1992), “Pure Holocaust” (1993), “Battles in the North” (1995), “Blizzard Beasts” (1997), “At the Heart of Winter” (1999), “Damned in Black” (2000), “Sons of Northern Darkness” (2002) dan “All Shall Fall” (2009).

Setelah mengundurkan diri, Abbath merilis album debut solo bertajuk “Abbath” yang dirilis pada 22 Januari 2016 lalu via label Season of Mist. Saat menjalani tur promonya, Abbath sempat manggung di Hammersonic Festival, yang digelar di Ecopark, Ancol, 7 Mei 2017 lalu. (MK03)

Kredit foto: Anne Swallow

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY