Empat hari lagi, pasukan pop punk/punk rock dari Bekasi, Fatrace bakal menggelindingkan album mini (EP) terbarunya, bertajuk “Regular Party Line”. Karya rekaman ketiga Fatrace yang diedarkan via Jeruk Records tersebut memuat empat komposisi enerjik, yakni “I Only Drink Soda”, “Oh!”, “Tsubasa Got New Girlfriend” dan “Number 1 Boba Fett’s Fan”.

Secara musikal, tiga personelnya, yakni Farhan Pratama (gitar/vokal), Dwi “Dito” Jatmiko (bass/vokal) dan Fahrul J. (dram) mengaku tidak terlalu banyak berubah dibanding karya-karya sebelumnya. “Masih simpel, hanya EP ini berisi materi-materi yang lebih cepat. Selain itu, produksi kali ini, kami menggarapnya secara lebih serius. Beruntung banget karena pengerjaannya dibantu sama Pemil (TA) yang banyak kasih masukan yang mungkin nggak kami perhatikan di dua EP sebelumnya. Mungkin kalian merindukan anthem-anthem cepat dan lugas ala pop-punk yang ‘aneh’ di masa kini, Fatrace-lah jawabannya. Musiknya yang simpel, cepat, dan catchy sangat bersahabat di telinga Anda,” ulas Farhan kepada MUSIKERAS meyakinkan, mewakili rekan-rekannya di Fatrace.

Penggarapan “Regular Party Line”, seperti di album sebelumnya, dimulai dari ide-ide musikal Farhan yang lantas diperdengarkan ke Dito dan Fahrul. Selanjutnya, mereka menggarap rekamannya di studio, yang hanya mereka jalani selama empat hari. Pengisian porsi instrumen rampung dalam dua hari di Benji Studio, pada Februari 2018. Lalu dilanjutkan mengeksekusi vokal di Chugga-Chugga studio juga dalam dua hari, pada Maret 2018. “Kendala teknisnya paling cuma di Fahrul sih, dia harus adaptasi ulang sama metronom,” seru Farhan sambil tertawa.

Tadinya, lanjut Farhan, materi lagu di “Regular Party Line” sebenarnya disiapkan untuk kebutuhan album penuh. Namun setelah Dito mengirim contoh lagu-lagu buatannya, mereka lantas sepakat memangkas materi tersebut dan membuatnya menjadi EP.

Karir Fatrace di skena musik ‘bawah tanah’ mulai digulirkan Farhan pada 2015 lalu, setelah mendapatkan rekan bermusik untuk mengeksekusi isian bass dan dram. Setelah bertemu dengan bassis Dito dan dramer Egi Alwafi, mereka langsung merekam empat lagu untuk perilisan EP pertama, “Don’t Tell Your Mom, I’m Fat”, pada Januari 2016. Sayangnya, sebelum merilis EP kedua “Millennials Heartbreaker” pada Agustus 2017, Egi mengundurkan diri dan digantikan oleh Fahrul dari band Billy The Klits. Untuk musik, Fatrace kerap mendengarkan musik-musik dari grup pop era ‘60an yang menurut mereka banyak mendatangkan ide-ide segar dalam penulisan lagu. Selain itu, Fatrace juga banyak menyerap pengaruh musikal dari band-band seperti The Beach Boys, Beatnik Termites, The Queers, Chixdiggtit, Sonic Surf City hingga Green Day. (mdy/MK02)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY