Jeda yang cukup lama sejak merilis album mini (EP) “Increase Renewal” (2013) rupanya tidak sampai menenggelamkan karir Aniph Prevocalic. Unit metal asal Depok, Jawa Barat ini berhasil bangkit dan kembali melepas sebuah single baru bertajuk “Dimensi”, yang rencananya bakal ada di album perdana mereka.

Di single yang menghadirkan vokalis tamu, Cheko dari band Kobe tersebut, Aniph Prevocalic mengedepankan konsep, materi serta lirik yang berbeda jauh dibanding materi “Increase Renewal”. Namun demikian, ciri mereka di eksekusi lead yang harmonis, rhythm yang tight, cabikan bass nan tajam, ketukan dram bertenaga serta semburan vokal yang lebih lepas tetap menjadi kekuatan utamanya. Plus, ditambah kehadiran vokal clean tangguh nan tegas dari Cheko yang sudah menjadi ciri khasnya.

Menurut band yang dihuni formasi Faisal (vokal), Ence (gitar), Patel (gitar), Odam (bass) dan Paung (dram) ini, proses kreatif “Dimensi” berlangsung selama setahun, karena digarap sekaligus bersama lagu-lagu lainnya yang akan termuat di album. “Disamping workshop album dan penentuan single perdana yang akan dilepas, secara teknis kendala rekaman (hanya) terjadi di bass dan rhythm gitar, dimana rekamannya berlangsung lebih dari 8 jam… hahaha,” ungkap pihak Aniph Prevocalic kepada MUSIKERAS, terus-terang.

Dari segi konsep musik, Aniph Prevocalic yang mulai menggeliat di skena musik ‘bawah tanah’ sejak November 2009 silam, banyak menyerap pengaruh dan inspirasi dari band-band keras dunia seperti Metallica, As I Lay Dying, Trivium, Arch Enemy, Bullet For My Valentine, Avenged sevenfold hingga jagoan lokal macam Beside, Nemesis dan Straightout.

Sejauh ini, single “Dimensi” untuk sementara baru dirilis secara online melalui kanal YouTube dalam format video lirik. Rencana selanjutnya, Aniph Prevocalic segera memacu penggarapan album yang diharapkan bisa dirilis tahun ini juga. “Materi penggarapan albumnya sudah kelar sejak akhir Maret lalu, dan kami sedang mencari label yang bisa merilis album perdana kami,” ujar pihak band meyakinkan. (Mdy/MK01)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY