Berbekal berbagai referensi dan inspirasi dari berbagai band rock modern dunia – mulai dari AVA, L’Arc-en-ciel, Coldplay, 30 Second to Mars, Red Hot Chili Peppers, Whitechapel, One OK Rock, Carpark North hingga Linkin Park – ramuan musik Aleena lahir dan tertuang dengan apik di single perdananya, “Rusak”. Single tersebut sudah diluncurkan secara resmi di sebuah cafe di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, akhir Mei 2018 lalu.

Para personel Aleena sendiri, yakni Jere (vokal), Ragil Ray (dram), Fajar (gitar) dan Dhyka (bass) lebih senang menyebut musik mereka, modern pop rock yang diberi sentuhan unsur-unsur progresif, funk, alternatif hingga dubstep.

“Konsep musik kami sebenarnya sederhana, namun tetap elegan serta tegas. Setiap harmoni kami perhitungkan agar dapat memanjakan telinga pendengar dari kalangan mana pun. Tidak banyak intervensi antar personel karena masing-masing dapat menuangkan apa pun isian yang menjadi dirinya sendiri,” urai Aleena kepada MUSIKERAS, meyakinkan.

Penggarapan rekaman “Rusak” sendiri dieksekusi Aleena di beberapa tempat. Sebagian besar direkam di Aleena Record yang berada di Green Pramuka, sementara sisanya di Palu Records, di Kemayoran, Jakarta. Sebenarnya, ide lagu “Rusak” dibuat oleh Ragil, jauh sebelum nama Aleena tercetus.

“Penggarapannya sendiri tergolong cukup mudah dan cepat, namun tak semudah yang dibayangkan. (Kami) saling bertukar ide, revisi dan sedikit perdebatan mewarnai proses (pembuatan) lagu tersebut. Namun itu semua untuk menghasilkan kinerja dan hasil yang baik. Alhamdulillah,  banyak kawan musisi baik yang senior maupun junior turut membantu dalam proses pembuatan single ini, serta juga dukungan seluruh tim Aleena yang selalu sigap membantu. Thank you, guys!”

Setelah single “Rusak”, Aleena yang masih berusia sangat belia – terbentuk di Jakarta pada 13 Februari 2018 lalu – akan meluncurkan beberapa single lagi sebelum memutuskan melahirkan album. “Kami pasti akan menggarap album, tapi untuk saat ini sepertinya kami lebih kepada mengeluarkan single demi single terlebih dahulu dan kemudian baru kami gabungkan menjadi album. Beberapa materi untuk single berikutnya telah rampung dan siap untuk ‘digodok’ ke tahap selanjutnya.” (Mdy/MK02)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY