Sekitar dua minggu lalu, sebuah video musik terbaru bertajuk “Call Me Anti-Social” diluncurkan oleh salah satu band pionir pop punk dunia, New Found Glory (NFG). Lagu tersebut dicomot dari album terakhir mereka, “Makes Me Sick Again” yang baru saja dirilis ulang oleh Hopeless Records dalam format deluxe edition.

“Makes Me Sick Again” sendiri – yang juga memuat komposisi-komposisi anthem seperti “Happy Being Miserable”, “Party on Apocalypse” dan “The Sound of Two Voices” – merupakan karya album studio kesembilan NFG yang pertama kali diluncurkan pada 28 April 2017 lalu. Kini, dalam versi deluxe edition, Jordan Pundik (vokal), Ian Grushka (bass), Chad Gilbert (gitar) dan Cyrus Bolooki (dram) memutuskan untuk merombak susunan lagu dari album aslinya agar mendapatkan ‘benang merah’ dengan tiga lagu tambahan, yakni “Heaven Sent”, “Vacation Day” dan “20 Years From Now”.

Ketiga lagu tersebut sebenarnya bukan materi baru, melainkan lagu stok yang juga digarap bersamaan dengan lagu-lagu lainnya di album “Makes Me Sick Again”. Hanya, menurut pihak NFG yang menjelaskannya kepada MUSIKERAS via wawancara tertulis, saat itu mereka merasa tidak perlu menyertakannya di rilisan awal “Makes Me Sick Again”. “Tapi (di sisi lain) kami juga tak mau melupakan lagu-lagu tersebut dan tak pernah merilisnya,” ungkap mereka beralasan.

Namun, kendati berformat rilisan ulang, para personel NFG tidak ingin ketiga lagu tambahan tadi hanya terkesan sebagai tempelan, seperti yang biasa diterapkan di rilisan-rilisan reissue lainnya.

“Selain mendesain ulang desain sampulnya, kami juga menata ulang (susunan lagu) albumnya, tanpa harus menjadi terlihat standar dengan hanya menyelipkan lagu-lagu tambahan di depan atau di akhir album. Kami mencoba menemukan cara untuk menyelipkan lagu-lagu tambahan di antara lagu-lagu asli album sehingga pendengar bisa mendapatkan pengalaman baru saat mendengarkannya dari awal sampai akhir.”

Sampai sejauh ini, NFG belum pernah membawakan “Heaven Sent”, “Vacation Day” maupun “20 Years From Now” di panggung konser. Namun beberapa waktu lalu, dalam rangkaian tur, mereka selalu memutar lagu “20 Years From Now” sebagai intro di panggung – sekaligus sebagai promo deluxe edition – sebelum memulai aksi panggung mereka yang sesungguhnya. “(Tujuannya) tidak hanya untuk memancing gairah penonton terhadap albumnya, tapi juga (gairah) terhadap konser yang akan mereka saksikan.”

Walau telah berkarir selama lebih dari dua dekade, band yang antara lain dikenal lewat single “My Friends Over You” dan “All Downhill From Here” ini tetap merasa, setiap penggarapan album adalah sebuah awal yang fresh. Begitu juga dengan album “Makes Me Sick Again”. Karena, setiap memasuki proses penggarapan album, mereka selalu berusaha menulis musik dan lirik yang punya makna penting dalam kondisi waktu dan tempat dimana mereka berada saat itu.

“Jadi bisa dibilang, setiap album berbeda satu sama lain. ‘Makes Me Sick’ – serta yang versi deluxe edition – sangat berbeda dibanding album sebelumnya, ‘Resurrection’, dimana (kini) kami merasa jauh lebih bebas untuk memasukkan elemen musik lainnya untuk dihadirkan di lagu-lagu kami. Misalnya isian kibord dan alur permainan gitar lainnya, sementara di album kami sebelumnya kami justru berusaha menyederhanakan sound kami dan benar-benar memainkannya sebagai band dengan empat personel, tanpa tambahan apa pun.”

Sebagai band yang kerap dijuluki sebagai ‘godfathers of pop punk’, kepada MUSIKERAS, NFG juga mengungkapkan kegembiraannya akan perkembangan pop punk yang kini justru mereka lihat semakin kuat. Salah satu faktor yang mendorong kemajuan tersebut adalah karena semakin banyak band yang menyadari pentingnya penampilan konser.

“Di situlah energi kami selalu fokuskan. Para penggemar yang datang di konser kalian adalah yang selalu mendukung kalian untuk terus berkarya, (dalam kondisi) apapun yang terjadi di industri musik. Sepanjang kalian mempunyai hubungan yang baik dengan para penggemar, kalian seharusnya bisa terus berkarir, melakukan apa yang kalian sukai selama bertahun-tahun ke depan.”

Setelah “Makes Me Sick Again”, NFG yang terbentuk di Florida, AS pada 1997 silam berencana merilis “From the Screen to Your Stereo Part III”, sebuah album yang memuat interpretasi mereka terhadap beberapa lagu popular dari film layar lebar. (mudya mustamin)

Kredit foto: Paris Visone

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY