Event kompetisi gitar di Tanah Air semakin bergairah. Disamping “Ibanez Flying Fingers” dan “Discover BC Rich Competition”, kini ada “Peavey Guitar Showdown” yang juga dikemas dengan aturan serta karakteristik lomba yang unik dan menarik.

Sebenarnya, penyelenggaraan “Peavey Guitar Showdown” tahun ini adalah yang kedua kalinya. Namun kali ini menerapkan aturan main yang berbeda dibanding pelaksanaan dua tahun lalu. Kini tak hanya gitaris elektrik yang dilibatkan, melainkan juga buat gitaris akustik dan… pemain bass!

Maklum, kompetisi yang digagas oleh Peavey Indonesia tersebut merupakan bagian dari promosi produk ampli Peavey Vypyr VIP Series yang memang didesain untuk memenuhi kebutuhan para gitaris elektrik dan akustik serta bassis.

“Peavey Guitar Showdown II / 2018” sendiri sudah mulai digulirkan sejak 3 Mei 2018 lalu, dan akan berlangsung hingga 6 Agustus 2018 mendatang. Para peserta yang berminat mengikuti kompetisi ini ditantang untuk memainkan riff atau lick favorit selama dua menit tanpa iringan musik (backing tracks) dengan ampli Peavey Vypyr VIP 3 di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan pihak penyelenggara. Sementara untuk penyelenggaraan final akan berlangsung pada 25 Agustus 2018 di Jakarta.

Ya, tentu akan muncul pertanyaan, bagaimana cara pihak juri menentukan tiga jenis peserta (elektrik, akustik dan bass) yang masing-masing memiliki karakter yang sangat berbeda?

Jangan kuatir, lima orang juri yang ditunjuk pihak Peavey Indonesia, yakni gitaris dan bassis ternama, Andre Dinuth (solo/session player) dan Adi Darmawan (Ligro), lalu dua wakil dari Peavey yakni gitaris Yudhi Setiawan (Peavey Indonesia) dan Michael Smith (Peavey AS) serta Mudya Mustamin (jurnalis, pengamat musik dan juga founder musikeras.com) sudah punya formula khusus penilaian. Yang jelas, skill bukan menjadi satu-satunya pusat perhatian juri. Melainkan, juga akurasi tempo, kreativitas, harmoni serta dinamika permainan – yang tentunya disesuaikan dengan karakteristik tiap instrumen – menjadi akumulasi yang wajib diterapkan para peserta dengan baik. 

Nantinya, para juri akan memilih Juara 1, 2, 3 dan Favorit, dan masing-masing akan mendapatkan hadiah berupa ampli Peavey Vypyr 3 dan uang tunai sebesar Rp. 3.000.000 (Juara 1), Peavey Vypyr 2 + Rp. 2.000.000 (Juara 2), Peavey Vypyr 1 + Rp. 1.000.000 (Juara 3) serta Vypyr VIP 2 + pedal efek (Juara Favorit). Menarik kan?

Berminat uji nyali di kompetisi ini? Berikut daftar dealer Peavey dan spot-spot yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan “Peavey Guitar Showdown II/2018” di bawah ini:

1. Jakarta : @hariharimusik, @tokogitarbagus

2. Surabaya : @maestromusiksurabaya, @smex.gcs

3. Malang : @wwmusik

4. Jogjakarta : @joebillyguitars

5. Bandung : @umar_m3_studio

6. Semarang : @suryaputra_musik

7. Medan : @rajamusik

8. Lampung : @swaramasmusicshop

9. Palembang : @dialmusik

10. Banjarmasin : @salsamusik

11. Palangkaraya : @latreuo_musik

12. Manado : @manado_music_center

13. Makassar: @makassarmusic

14. Bali : @king_audio

Untuk info lebih lengkap, silakan kunjungi lini masa Peavey Indonesia di Instagram dan Twitter (@PeaveyID) serta Facebook Page (Peavey Indonesia).

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY