Setelah gelaran “Generation Axe: A Night of Guitars Asia Tour 2017” yang menghadirkan Yngwie Malmsteen, Steve Vai, Zakk Wylde, Nuno Bettencourt dan Tosin Abasi di Ecovention, Ancol Jakarta pada 21 April 2017 lalu, kini para pemuja musik heavy metal dan hard rock yang berorientasi gitar bakal kembali ‘berhari raya’. Kali ini yang disuguhkan adalah penampilan penuh dari Yngwie Malmsteen dan bandnya!

Ya, memang konsernya tidak berlangsung di Indonesia. Namun hanya berjarak tidak lebih dari tiga jam lewat perjalanan udara dari Jakarta, Indonesia. Tepatnya, konser bertajuk “Yngwie Malmsteen Live In Malaysia” tersebut bakal dieksekusi pada 29 September 2018 mendatang di Wawasan Hall, PGRM yang berlokasi di Kuala Lumpur, Malaysia. Dan satu hal yang perlu diingat, konser ini merupakan jadwal satu-satunya di Asia. Rombongan Yngwie Malmsteen bakal tiba di Kuala Lumpur setelah menggelar konser di Barcelona, Spanyol. Lalu setelah itu, maestro gitar rock tersebut bakal langsung kembali ke Amerika Serikat untuk tampil di beberapa lokasi.

“Yngwie Malmsteen Live In Malaysia” sendiri digagas oleh Panggung Asia, Malaysia bekerja sama dengan Soundvalley Festival, RSVP Media, Lampu Neon, Ticketpro serta dua media partner resmi dari Indonesia, yakni MUSIKERAS (Jakarta) dan radio RaseFM, Bandung.

Ada tiga kelas tiket yang ditawarkan untuk menyaksikan konser Yngwie Malmsteen tersebut. Yang paling murah di area Rock Zone (berdiri), semacam kelas festival yang terletak tepat di depan panggung. Harga pra jual tiket tersebut dibanderol di angka RM 180 (Ringgit Malaysia), atau jika ditukarkan ke nilai tukar Rupiah terhadap RM saat ini berkisar di angka Rp 635.000. Harga normal Rock Zone sendiri sebesar RM 250 dan bakal mulai diberlakukan pada 1 September 2018 mendatang.

Kelas berikutnya adalah Cat 1 (duduk) dengan harga pra jual sebesar RM 250 – atau sekitar Rp 882.000. Angka ini juga hanya akan berlaku sampai awal September 2018 sebelum berubah menjadi normal, yakni sebesar RM 300. Dan yang paling mahal, tentunya adalah area VVIP yang langsung dipatok di angka sebesar RM 900 (tanpa penjualan pra jual), atau kira-kira sebesar Rp.3.200.000. Tapi bagi penonton yang membeli tiket VVIP bakal mendapatkan beberapa keistimewaan, yakni bisa mengikuti sesi “Meet & Greet” dan bertemu atau berfoto langsung dengan Yngwie Malmsteen, plus sebuah kaos resmi konser tersebut serta akses bebas jika ingin memasuki area Rock Zone. Saat ini, keseluruhan tiket sudah bisa dibeli via ticketpro.com.

Yngwie Malmsteen (dibaca “ing-vay”) dikenal sebagai gitaris rock paling teknikal yang pernah muncul di era ‘80an, dimana ia menggabungkan pengaruh rock, blues dan classical ke dalam teknik permainan gitarnya, yang antara lain diwujudkan lewat penerapan teknik sweep-arpeggio picking cepat yang telah menjadi ciri khasnya, yang langsung menempatkan namanya sebagai pengukir “cetak biru” genre neo-classical metal ke dalam buku suci dunia pergitaran dunia. Album pertamanya yang fenomenal, “Rising Force” (1984) menjadi penanda dimulainya era – atau munculnya istilah “shredder” – yang lantas menginspirasi jutaan gitaris di seluruh dunia hingga hari ini.

Selain dikenal sebagai gitaris virtuoso dengan kharisma superstar yang melekat kuat, musisi bernama asli Lars Johan Yngve Lannerbäck kelahiran Stockholm, Swedia pada 30 Juni 1963 tersebut juga tercatat sebagai salah satu penulis lagu dan komposer rock terbaik dunia lewat karya-karya lagunya yang juga sukses secara komersil di seluruh dunia. Di antaranya, Yngwie berhasil melejitkan lagu-lagu seperti “Blackstar”, “Far Beyond the Sun”, “You Don’t Remember, I’ll Never Forget”, “Heaven Tonight”, “Never Die”, “Brothers”, “Dreaming”, “I’ll See The Light”, “Rising Force”, “Like An Angel” hingga “Seventh Sign”. Sampai saat ini, Yngwie Malmsteen sudah merilis 20 album studio dalam karir yang telah terentang lebih dari 35 tahun.

Untuk penampilannya di Kuala Lumpur nanti, Yngwie Malmsteen bakal didukung oleh tiga musisi di bandnya, yakni Nick Marino (kibord/vokal), Ralph Ciavolino (bass) dan Mark Ellis (dram). (mdy/MK01)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY