Karena mengalami masa-masa kejenuhan setelah malang-melintang di berbagai pentas membuat dua personel unit rock alternatif Tigababi (atau “3Babi”), yakni Ombows (gitar/vokal) dan Iyus (dram) sempat memutuskan mengubur karir bandnya. Puncaknya terjadi setelah mereka merilis album mini (EP) live mereka pada 2008 silam. Dan setelah itu, masing-masing lantas larut dalam kesibukan masing-masing. Iyus tenggelam dalam profesi sebagai sound enginer untuk grup hardcore Bestiality, sementara Ombows menikmati hari-harinya bersama Lira, proyek band yang dijalaninya bersama Ihsan (mantan dramer Kuro, Thinking Straight, Speak Up) dan sempat merilis single bertajuk “Wajar Bila” di beberapa radio.

Ide untuk melanjutkan 3Babi sendiri lantas mengemuka setelah terjadi komunikasi antara Ombows dan Iyus pada awal 2018 lalu, dan kemudian mengajak Ipunk untuk mengisi posisi bass. Akhirnya, proyek mangkrak ini pun kembali berdenyut. Bahkan melahirkan sebuah single terbaru berjudul “Babi! Babi! Babi!”. Masih dengan konsep awal, yakni menghadirkan sound-sound punk rock era ’90an yang cenderung lugas dan nakal.

“Babi! Babi! Babi!”, bagi trio ini merupakan gerbang, untuk the next step. Untuk mengantisipasinya, mereka bahkan sudah mencanangkan rencana untuk membuat EP. “Kami sudah menyiapkan lima lagu yang telah di-mixing oleh Iyus,” ungkap pihak 3Babi kepada Musikeras.com.

Proses penggarapan rekaman “Babi! Babi! Babi!” sendiri dieksekusi di sebuah studio di bilangan Pondok Labu, Jakarta Selatan, dan berlangsung lancar tanpa kendala.

“Saat itu kami sedang lelah setelah mengerjakan lima lagu untuk EP pertama hingga terlelap di ruang operator. Lalu kami bangun kemudian iseng ngejam sambil nunggu pesenan kopi di warkop. Ide lagu tersebut terjadi mengalir begitu saja, cepat tanpa terfikirkan. Lalu kami dokumentasikan dengan merekam live, liriknya pun keluar dengan sendirinya seakan menggambarkan situasi yang sedang dihadapi sang vokalis. Tidak ada kendala sama sekali dalam merekam lagu tersebut, karena idenya langsung mengalir begitu saja dengan sendirinya.”

Punk ’90an tetap menjadi peluru utama 3Babi karena mereka anggap sangat melekat dengan genre alternatif yang sangat variatif, baik dari segi materi maupun pilihan sound. “Untuk sound gitar lebih crunch dengan power strumming, bass lebih hi-mid dan dram lebih mid-low,” ulas Ombows dan Iyus, dua musisi yang menunjuk Nirvana, Offspring, Green Day, Goldfinger dan Weezer sebagai referensi utamanya. (mdy/MK01)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY