Unit rock modern Ibu Kota, Killing Me Inside (KILLMS) kembali memasuki sebuah fase baru dalam perjalanan karirnya. Usai berkolaborasi dengan penyanyi AIU dan menghasilkan dua single bertajuk “Fractured” yang dirilis pada Juni 2017 serta “Remnants” pada Mei 2018 lalu, kini mereka menggaet mantan vokalis kelompok nu metal Saint Loco, Joe Tirta.

Sebagai pemanasan, pada 7 September 2018 lalu, Josaphat Klements (gitar), Rudye Nugraha Putra (kibord/programming/scream) dan Gama Gifar (dram) menggelar showcase yang menampilkan kolaborasi mereka dengan Joe Tirta. Hajatan yang digelar oleh Anoixi Records di i-SIX Bar & Resto, Kemang, Jakarta Selatan tersebut, sekaligus menjadi momentum perilisan album rekaman kolaborasi KILLMS dengan Joe Tirta. Kedua pihak mendaur ulang lagu KILLMS yang berjudul “Fake”, “Fractured”, ”Young Blood”, “Remnants” dan “Tormented” dengan baluran aransemen Screamo dan Rock Modern yang lebih fresh.

Bagi para personel KILLMS, pengalaman Joe Tirta selama belasan tahun dalam kegiatan band, tentunya termasuk manggung dan tur, menjadi salah satu pertimbangan untuk melibatkannya dalam kolaborasi. “Karena Killing Me Inside butuh vokalis yang prima di setiap pentas,” cetus Josaphat kepada MUSIKERAS, menegaskan.

Selain itu, latar belakang musikal Joe yang juga berasal dari musik-musik keras menjadi benang merah yang mempersatukan mereka. Seperti yang dituturkan Rudye, ia menyebut Joe Tirta sebagai salah satu sosok panutannya dalam bermusik. “Dan gue juga suka musik-musik seperti hip metal atau nu metal, dulu pernah memainkannya. Mungkin Killing Me Inside juga bakal memasukkan unsur-unsur musik seperti itu.”

Dan dengan adanya kolaborasi ini, menurut Josaphat, juga membuka kesempatan bagi KILLMS untuk terus melakukan eksplorasi dan inovasi musikal secara musikal. “(Karena) Karakter vokal Joe paling berbeda dibanding vokalis-vokalis sebelumnya. Bersama Joe, kami menggunakan tuning paling rendah dari yang pernah kami mainkan. (Tuning) Gitar di Drop G#. We’re so excited. Kami suka mencoba hal-hal baru!”

Sejak terbentuk pada 2005 silam, KILLMS telah merilis empat album studio, yakni “A Fresh Start for Something New” (2009), “Killing Me Inside” (2010) “One Reason” (2012) dan “Rebirth: A New Beginning” (2014). Sepanjang perjalanan karirnya kerap terjadi pergantian formasi, di antaranya pernah dihuni oleh vokalis Onadio Leonardo, Vira Razak dan Sansan (Pee Wee Gaskins), gitaris Raka Cyril Damar (Vierra) serta dramer Putra Pra Ramadhan (Burgerkill/Sunrise). (mdy/MK01)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY