Sekitar tiga tahun lalu, Aozora merilis sebuah single bertajuk “Sky Jumper”, yang lantas disusul dengan perilisan album mini (EP) berjudul “Story Begin”. Namun pada 2017, unit paduan Easy Core dan Pop-Punk asal Bandung ini memutuskan melakukan pengolahan ulang terhadap lagu “Sky Jumper” setelah seorang personel baru bergabung. Kini, versi terakhir “Sky Jumper” sudah bisa dinikmati dalam kemasan video musik, yang telah tayang di kanal YouTube.

Versi awal “Sky Jumper” sendiri diciptakan oleh Senna, koki pengolahan suara-suara dari balik kibord dan synthesizer di lagu-lagu Aozora. Awalnya, Senna yang juga mengemban tugas di lini shout/scream vocal membuat “Sky Jumper” dengan alat sederhana, hanya bermodalkan FL Studio 7 untuk membuat bagan dari lagu tersebut. Lantas dengan bantuan personel lainnya, maka jadilah lagu “Sky Jumper” versi pertama.

Senna, Mayuuki (vokal), Free (gitar), Adi Darma (gitar), Bayou (bass) dan Abanx (dram) sendiri mendeskripsikan lagu-lagu Aozora cenderung ke pola ‘easy core’, yang mereka harapkan memberi kesan sebagai sebuah band yang easy going dan juga happy. Selain itu, “Sky Jumper” dan lagu- lagu lainnya juga ditujukan untuk mengajak para pendengar Aozora menjadi lebih semangat untuk menjalani kehidupan yang terkadang pahit.

Influence lagu ‘Sky Jumper’ sendiri mungkin lebih condong ke musik- musik melodik tahun 2000an, yang sekarang mungkin bisa disebut pop punk. Sisi menarik dari lagu-lagu kami ke depan, menurut kami, akan terasa dari semangat dan arti yang mendalam dari setiap lirik. Disamping itu, ke depannya, kami akan memasukkan unsur gitar yang ‘heavy’ dan tentu akan lebih banyak lagi isian shout vocal atau scream. Meskipun begitu, kami masih menerapkan pakem Easy Core/Pop-Punk,” urai pihak band kepada MUSIKERAS.

Aozora terbentuk pada 18 Agustus 2009 silam, atas gagasan Abanx, seorang pecinta budaya Jepang. Saat ini, Abanx menjadi satu-satunya founder yang tersisa di Aozora. Nama Aozora sendiri memiliki arti langit biru yang diambil dari bahasa Jepang, dengan harapan band ini dapat mewujudkan mimpi para personelnya, yang setinggi dan seluas langit biru. Dalam perjalanannya, Aozora telah mengalami beberapa kali perubahan formasi, terutama di lini vokal, dimana sebelumnya mereka pernah diperkuat oleh Ghara, Furin, Yumi dan terakhir Mayuuki. Hingga saat ini, Aozora telah tampil di berbagai macam acara budaya Jepang maupun acara-acara musik umum untuk menjaga eksistensi mereka.

Setelah merilis video “Sky Jumper”, Aozora berencana untuk melempar single baru lagi akhir tahun ini. Sebelumnya, Aozora juga telah merilis single “Kita Satu” (2012) dan “Get Away” (2013) yang diikutsertakan dalam album kompilasi 500 Artis Indie. (aug/MK02)

.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY