Masih dengan bekal inspirasi musikal dari band-band dunia seperti Foo Fighters, Greenday, Alter Brigde, My Chemical Romance, Oasis hingga jagoan lokal seperti Rocket Rockers, unit alternative rock asal Lampung pun meluncurkan sebuah single terbaru bertajuk”Persepsi”.

Band yang dihuni formasi Dandy Arya Sena (gitar), Ricky Aziz (bass) dan Shandy Alfa Rizky (vokal) ini merekam “Persepsi” sebanyak dua kali di Mubarox Record, karena harus melakukan pergantian aransemen. Setelah lagu tersebut selesai, mereka lantas melanjutkan proses ulang rekaman vokal di Steve Record sekaligus mengeksekusi tahapan mixing dan mastering di EMusicRecord. Lagu yang digarap oleh duo gitaris Dandy dan Ricky tersebut telah rilis sejak Agustus 2018 lalu dan sudah bisa ditemukan di berbagai platform musik digital.

“Sisi emosional seseorang diajak berinteraksi agar terbawa nuansa semangat serta berfikir ketika mereka mendengarkan lagu ini melalui dinamikanya,” cetus pihak band kepada MUSIKERAS, tentang konsep di balik pengolahan komposisi “Persepsi”.

Menurut mereka, mulai dari intro diawali nada reff yang tipis agar dapat masuk di ingatan seseorang, mengenai apa tujuan yang ingin mereka sampaikan di lirik ‘…mari berlari dengan kakimu sendiri…’. Di bagian verse 2 sampai outro mereka lantas mulai menerapkan sentuhan distorsi yang sedikit high agar ungkapan di lirik terasa agak keras. Lead gitar dimainkan samar terdengar seperti nada rock n roll agar si pendengar terayun emosionalnya, ritemnya menggunakan campuran nada mayor dan minor supaya terasa dinamikanya. Lalu interlude pun mengedepankan nada berirama lebih up beat dan fun yang menyatu dengan nada selanjutnya. Di sini sisi emosional pendengar dibawa ke arah semangat. Setelah itu di outro mereka mengambil dua suara untuk gitarnya, tujuannya agar menyatakan sebuah persepsi bisa berbeda terhadap suatu hal.

“Cannot Play menyerukan suara-suara hati yang disusun menjadi sebuah lagu, dan lagu-lagu kami merangkai sebuah dinamika emosional di mana di saat mendengarkan lagu kami suasana hati akan ikut terasa merasakan apa yang terjadi di cerita atau ungkapan kami. Nuansa perasaan akan lebih mengena ketika mendengarkannya, akan terbawa suasana lagu ketika mendengarkan karya dari kami,” urai pihak band lagi meyakinkan.

Mulai berkarya melalui lagu pada 2013 lalu, atau sekitar setahun setelah terbentuk. Sejauh ini Cannot Play telah mempunyai lima lagu yang sudah dirilis, yaitu “Teman”, “Best Girl”, “Mimpi”, “Masa SMA” dan “Akhiri Tuk Lanjutkan”. Rencananya, akan ada karya-karya Cannot Play selanjutnya, yang akan dijadikan satu dalam sebuah album mini (EP) yang kemungkinan besar bakal dirilis awal tahun depan. (aug/MK02)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY