Banyak cara untuk berekspresi dan menghasilkan karya lagu, kendati hanya berbekal fasilitas yang sangat sederhana. Seperti yang dilakukan oleh musisi asal Bandung, Ijay Irawan. Ia, baru-baru ini telah melepas sebuah single perdana berjudul “Play A Drama” lewat berbagai gerai digital, sebuah lagu yang tadinya berawal dari rekaman darurat di perangkat laptop.

Semuanya bermula sekitar Januari 2018 lalu. Bahkan menurut Ijay, untuk isian bass pun ia akali menggunakan gitar, demi ‘menyelamatkan’ gagasan-gagasan musikal dalam lagu tersebut. “Sampai akhirnya saya mendapat fasilitas rekaman di Bandung Creative Hub (BCH) pada pertengahan Agustus lalu, dan proses rekaman ‘beneran’ ini hanya (butuh) dua shift, mungkin lama di mixing dan mastering saja, hingga beres di awal September,” urai Ijay kepada MUSIKERAS.

Saat penggarapan rekaman serius “Play A Drama”, Ijay dibantu oleh Bayu dan pihak BCH, lalu juga oleh Luthfi (dram) dan Nata (bass) yang berasal dari band Humantribe. Escape Studio lantas menjadi pelabuhan rekaman ulang untuk gitar, eksekusi mixing serta mastering.

Serapan referensi dalam penggarapan “Play A Drama” yang mengawinkan corak blues dan rock ’n roll, diakui Ijay sangat banyak. Namun keseluruhan proses dibiarkan berjalan secara natural dan spontan. “Karena setiap mau bikin lagu, saya puasa mendengarkan lagu orang lain. Menurut saya, formula di lagu ini mungkin membawa kita sedikit balik ke musik-musik era lama, tapi dikemas lebih fresh,” cetus Ijay meyakinkan.

Ijay Irawan dilahirkan di Bandung pada 26 Januari 1995 silam. Bermain musik sudah mendarah daging dalam dirinya, yang menurun dari ‘darah’ ayahnya, Budi Arab, yang selama ini dikenal luas di Bandung sebagai gitaris dari salah satu band legendaris Kota Kembang, Time Bomb Blues. Sejak usia 9 tahun, Ijay sudah merasakan lantai panggung dan sempat tergabung di band Voodoo Dolls yang akhirnya membesarkan nama Ijay di kancah musik Kota Bandung. Pada 2018, Ijay merintis karir solo dengan bermain gitar serta bernyanyi.

Rencananya, tahun depan Ijay akan merilis album mini (EP) pertamanya. Sejauh ini, ia mengaku telah mengantongi sebanyak tujuh lagu yang siap dieksekusi menjadi sebuah album rekaman, dan “Play A Drama” menjadi karya besutan Ijay, menjadi proyek pilot menuju rilisan album solo debutnya. (mdy/MK02)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY