Walau baru berusia kurang lebih empat tahun, namun Stand Atlantic, sebuah trio rock asal Sydney, Australia, langsung berhasil menarik perhatian dunia Internasional. Ketika mereka baru bermodalkan dua album mini (EP) bertajuk “A Place Apart” (2015) dan “Sidewinder” (2017), Stand Atlantic telah berhasil mendapatkan kesempatan menjalani tur internasional bersama band-band rock bernuansa pop punk elit seperti New Found Glory, Neck Deep dan State Champs. Bahkan, juga berhasil menembus daftar nominasi di Heavy Music Awards 2018 untuk kategori “Best International Breakthrough Band”.

Kini, sejak September 2018 lalu, Stand Atlantic yang dihuni formasi Bonnie Fraser (vokal/gitar), David Potter (gitar) dan Jonno Panichi (dram) telah dipinang oleh Hopeless Records dan siap meluncurkan album penuh perdananya, “Skinny Dipping” yang bakal diluncurkan pada 26 Oktober 2018 mendatang. Hopeless Records sendiri merupakan label yang antara lain menaungi Circa Survive, Enter Shikari, New Found Glory, Neck Deep, The Used hingga Sum 41.

Bagi Stand Atlantic, pencapaian mereka di awal karir tak lepas dari tekad mereka untuk selalu berusaha tampil lebih baik di setiap kesempatan. Dan tur bersama New Found Glory, Neck Deep dan State Champs adalah salah satu pengalaman yang sangat bermanfaat.

“Sangat keren,” cetus pihak band kepada MUSIKERAS, tentang pengalaman tur tersebut. “Kami selalu terinpirasi oleh penampilan panggung mereka, serta suasana yang mereka ciptakan. Kami selalu belajar banyak hal dari band-band yang telah menjalaninya lebih lama dari kami. Kami selalu berjuang untuk menjadi lebih baik sehingga kami tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk belajar lebih banyak.”

Dan sedikit banyak, pengalaman itu pun meningkatkan kematangan mereka dalam hal musikal, terutama saat penggarapan “Skinny Dipping”. “Kami benar-benar melakukan peningkatan dalam penulisan lagu, struktur, dan sungguh-sungguh mengasah soundnya sesuai dengan yang kami inginkan, dan membuatnya jauh lebih matang. (Tentunya) Kami juga tak mau terlalu jauh menyimpang dari EP sebelumnya, jadi jika Anda menikmati ‘Sidewinder’ maka Anda juga bisa meloncat ke ‘Skinny Dipping’.”

Sepuluh lagu yang tersuguhkan di “Skinny Dipping”, sejauh ini Stand Atlantic sudah merilis dua single, yakni “Lavender Bones” serta “Lost My Cool”. Dan menurut mereka, keseluruhan lagu sangat menggairahkan. “Banyak lagu di album ini yang membuat kami bersemangat dengan alasan yang berbeda-beda. Trek ‘Clay’ yang menghadirkan Hannah Greenwood dari Creeper adalah salah satunya… tapi sejujurnya, semua lagu sih!” (mudya)

Kredit foto: Brandon Lung

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY