Banyak cara untuk membentuk identitas sendiri, agar bisa tampil beda di tengah rimbunnya band cadas di Tanah Air, atau bahkan di dunia. Seperti yang dilakukan Neptunus, unit penggeber distorsi kelas berat asal Medan, Sumatera Utara ini. Lewat album debutnya yang belum lama ini dirilis, “Alien Conspiracy” (Eastbreath Records), Neptunus mengibarkan sebuah formula musik berbahaya yang mereka sebut dengan istilah, ‘aliencore’ atau ‘spacetechdeath’.

Mengapa dinamakan demikian?

“Karena kami banyak dipengaruhi berbagai genre seperti technical death metal dan deathcore, dimana kami menyatukan kedua genre tersebut menjadi bentuk yang kami sebut dengan ‘aliencore’. Musik kami tidak hanya kencang saja, tetapi kami juga menambahkan unsur deathcore di breakdown, juga memainkan harmonisasi agar komposisinya lebih pas. Sehingga tidak terlalu monoton,” cetus pihak band kepada MUSIKERAS, menegaskan.

Dan disamping itu, menurut pihak label, Eastbreath Records, banyak hal istimewa yang terkandung di dalam musik Neptunus, yang secara kebetulan masih sangat langka di skena death metal Indonesia. “Mereka memainkan musik technical death metal yang sangat kompleks dengan tema luar angkasa dan konspirasi. Band seperti ini harus dilestarikan eksistensinya agar para penikmat musik death metal bisa dijauhkan dari kejenuhan karena stereotipe band yang genre-nya lagi booming saat ini.”

Para personel Neptunus yang diperkuat Andre Roy Pelawi (vokal), Asriadi Pardosi (gitar), Andi Muhammad Fachrozi (dram) dan Irwansyah Hasibuan (bass) sendiri menggarap rekaman “Alien Conspiracy” selama kurang lebih tiga bulan di di Servere Records, Tanjung Morawa, Medan, tepatnya pada periode Juni-Agustus 2018. Saat meramu musiknya, mereka sedikit banyak terinspirasi band-band dunia seperti Rings Of Saturn, Brain Drill, Archspire, Viraemia dan banyak lagi.

Neptunus terbentuk di Medan pada Desember 2016 dengan formasi awal dihuni oleh Andre Roy Pelawi, Asriadi Pardosi (Guitar), Andi Muhammad Fachrozi dan gitaris Ferry Permata Ananda. Namun pada awal 2017, Ferry memutuskan mengundurkan diri dari formasi band dan sempat membuat Neptunus berjalan dengan formasi bertiga saja. Pada Oktober 2017, Irwansyah Hasibuan resmi bergabung melengkapi Neptunus. (aug/MK02)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY