Dipastikan, trio alternative rock asal Irlandia Utara, Ash bakal kembali menggelar konser di Indonesia untuk ketiga kalinya. Kali ini, Ash dijadwalkan tampil di Hard Rock Cafe, Bali pada Sabtu, 24 November 2018 mendatang. Kedatangan sebelumnya berlangsung di Jakarta, masing-masing di Tennis Indoor Senayan pada 24 September 2001 silam dan di 280 Festival, Lapangan D, Senayan pada 24 November 2013.

Paket konser bertajuk “Ash – Live in Bali” itu sendiri merupakan bagian dari rangkaian tur dunia formasi Tim Wheeler (vokal/gitar), Mark Hamilton (bass/synth) dan Rick McMurray (dram) untuk mempromosikan album terbarunya, “Island” yang dirilis via Infectious Music pada 18 Mei 2018 lalu. Kedatangan Ash di Bali digagas oleh kerja sama Hard Rock Cafe Bali dengan pihak LAMC Productions, salah satu promoter konser ternama asal Singapura.

Kehadiran Ash di skena rock dunia dimulai pada 1992, dengan membawa inspirasi dari band-band alternatif macam Nirvana, Sonic Youth hingga Pixies. Dimulai oleh dua musisi berusia 12 tahun, Tim Wheeler dan Mark Hamilton yang sejak 1989 telah bermain bersama di sebuah band heavy metal bernama Vietnam, yang khusus membawakan lagu-lagu milik Iron Maiden. Setelah band tersebut bubar, keduanya lantas merekrut dramer berusia 16 tahun, Rick McMurray dan membentuk Ash.

Pada 1994, Ash merilis album mini berjudul “Trailer” yang dilanjutkan dengan album penuh, “1977” dua tahun kemudian. Oleh majalah musik ternama di Inggris, NME album tersebut dinobatkan sebagai salah satu dari 500 album terbaik sepanjang masa. Menjelang perilisan album kedua, “Nu-Clear Sounds” pada 1988, Ash merekrut Charlotte Hatherley sebagai gitaris dan vokalis. Charlotte sempat bertahan hingga ke perilisan album “Free All Angels” (2001) dan “Meltdown” (2004), lalu mengundurkan diri setelahnya.

Album terbaru “Islands” sendiri menandai 26 tahun perjalanan karir Ash di kancah musik dunia. Direkam di studio mereka sendiri di Atomic Heart, yang juga menjadi dapur penggodokan album sebelumnya, “Twilight Of The Innocents” (2007) dan “Kablammo!” (2015). Selama perjalanan karirnya, Ash berhasil mencetak dua album nomor satu serta 18 single di Top 40. Maka dari itu, para personel Ash berusaha keras agar materi lagu di “Island” bisa bersaing dengan lagu-lagu terbaik mereka lainnya. 

“Jadi saat kami menggarap album ini, salah satu hal yang kami pikirkan adalah, apakah lagu-lagu (baru) ini cukup kuat untuk mengalahkan hits kami saat live? Di ‘Islands’, ada beberapa merupakan lagu terbaik yang pernah kami ciptakan. Kami sangat bersemangat untuk kembali beraksi,” seru Tim Wheeler lewat siaran pers resminya, semangat.

Untuk menyaksikan konser Ash di Hard Rock Bali, tiket kini sudah bisa dibeli via Book My Show dan Townscript seharga Rp 250.000 (earlybird) dan Rp 350.000. Info lebih lengkap bisa dilihat di situs resmi Ash serta LAMC Productions. (MK03)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY