Lagi, sebuah kompetisi gitar online tingkat nasional digelar. Kali ini mengedepankan gaya permainan yang berbasis blues rock bertajuk “HHM Rockin’ Blues Guitar Challenge”, yang digagas oleh gitaris blues rock, Ginda Bestari, bekerja sama dengan toko alat musik Hari Hari Musik (HHM) yang berbasis di Jakarta. 

Di kompetisi ini, para peserta yang harus berdomisili di wilayah Republik Indonesia dan tanpa batasan usia, diwajibkan memainkan sebuah komposisi dengan gaya masing-masing secara live, mengikuti musik pengiring (backing track) lagu “Midnight Ride” (Ginda Bestari x Sound of Mine) yang disediakan penyelenggara. Tautan backing track tersebut bisa diunduh (download) di kanal YouTube, tepatnya di Official Lyric Video lagu “Midnight Ride”.

Secara resmi, kompetisi “HHM Rockin’ Blues Guitar Challenge” tersebut sudah digulirkan sejak 1 Oktober 2018 lalu, dan akan berlangsung hingga 1 November 2018 pada pukul 23:59 WIB. Peserta dapat mengunggah video permainannya pada rentang waktu tersebut. Oh ya, backing track-nya sendiri berdurasi 58 detik, dan peserta dibolehkan mengedit atau memotong durasi kosong pada bagian awal dan akhir backing track tersebut. Namun, sama sekali tidak diperkenankan mengurangi atau menambahkan konten utamanya. Untuk lebih jelasnya, bisa melihat contoh video yang dimainkan oleh Andra Ramadhan (Dewa 19 / Andra & the Backbone), Andre Dinuth, Yankjay dan Achmad Satria di laman Instagram masing-masing, di channel YouTube Rockinblues.ID atau di bagian akhir artikel ini.

Penyaringan pemenang akan dimulai dengan 12 besar yang akan diumumkan pada 4 November 2018. Lalu enam besar pada 7 November, dan terakhir penentuan Juara 1, 2 dan 3 pada 11 November 2018. Kompetisi ini kan dinilai oleh tiga juri, yakni Gugun (Gugun Blues Shelter), Ginda Bestari dan Krisna Dharmawan.

Menurut Ginda, bisa dibilang “HHM Rockin’ Blues Guitar Challenge” merupakan festival gitar online terbesar tahun ini, dengan total hadiah senilai Rp. 65.000.000, hasil perpaduan uang tunai dengan berbagai produk sponsor. “Perbedaan kompetisi gitar ini dengan yang lainnya adalah, ini merupakan kompetisi dari musisi untuk musisi. Jadi gue mendobrak batasan brand, lebih fleksibel untuk sponsorship, bisa ke brand mana saja. Bahkan empat gitaris yang memberi contoh permainan video, yakni Andra Ramadhan, Andre Dinuth, Yankjay dan Achmad Satria disponsori oleh empat pabrikan gitar yang berbeda,” cetus Ginda kepada MUSIKERAS, bangga.

Dukungan hadiah untuk kompetisi ini antara lain datang dari tiga distributor besar, lima pembuat pedal efek besar dan tiga merek strap gitar. Dan menurut Ginda, 90% sponsor kompetisi ini merupakan produk lokal. “Dengan kata lain, di kompetisi ini tak ada batasan bagi brand manapun untuk ikut berpartisipasi, berbeda dibanding kompetisi lain yang harus mengatasnamakan produk tertentu.”

Ide menyelenggarakan “HHM Rockin’ Blues Guitar Challenge” sendiri datang secara tidak sengaja. Berawal dari keinginan Ginda mempromosikan single terbarunya, “Midnight Ride”, dimana Ginda berkolaborasi dengan trio Sound of Mine. Ia sempat mau mempromosikannya lewat jalur konvensional, yakni penyebaran ke radio-radio di seluruh Indonesia. Namun di sisi lain, ada kekhawatiran single tersebut bakal salah sasaran.

“Karena memang lagunya nggak radio friendly, lagunya rock ’n roll blues, gue khawatir promosinya jadi kurang optimal. Akhirnya kepikiran bikin kompetisi gitar agar tepat sasaran. Akhinya gue bikin proposal biar resmi terus sebarin ke teman-teman dan di luar dugaan ternyata responnya bagus banget. Ini bentuk promo (single) yang benar-benar beda dibanding peluncuran single umumnya. Segmented tapi tepat sasaran,” urai Ginda meyakinkan.

Lebih jauh, Ginda berharap, apa yang ia lakukan ini juga bisa menginspirasi musisi-musisi lain tergerak membuat kompetisi serupa, untuk meramaikan skena gitar di Indonesia. “Gue sebagai musisi berusaha tidak hanya memikirkan musik gue sendiri, tapi memikirkan skena musik gue, sesuatu yang lebih makro, sesuai passion. Makin rame dan makin seru, produk-produk gear dan aksesorisnya juga makin rame. Harapan gue sih kompetisi ini akan ada terus setiap tahun. Mudah-mudahan (dari kompetisi ini) gue bisa menemukan ‘intan berlian’ yang bisa besar di industri musik Indonesia dan Internasional, dan juga bisa jadi referensi untuk perkembangan musik di masa mendatang. Gue Ginda Bestari mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh sponsor dan media partner serta segala pihak yang sudah memberi dukungan.”

Untuk info lebih detail mengenai syarat-syarat dan ketentuan mengikuti “HHM Rockin’ Blues Guitar Challenge”, silakan kunjungi situs resminya, di RockinbluesID. (*)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY