Bergelut di genre yang sangat menjamur bisa dibilang menantang. Dibutuhkan kejelian melihat peluang agar bisa terlihat menonjol atau berbeda dibanding lainnya. Strategi itu sepertinya diterapkan dengan cukup matang oleh Sound of Monkey, unit pop punk asal Bandung. Lewat album bertajuk “Rumah Impian” yang baru mereka rilis, olahan pop punk diberi nafas rock serta berbagai bumbu yang tak lazim di ranah pop punk.

Kekentalan pop punk terbentuk dari komunikasi musikal antara karakteristik vokal Lamlam (sekaligus sebagai pembetot bass) dengan ketukan dram Bob Melodica, yang lantas dikombinasikan dengan isian gitar dari Avedis Mutter yang sangat kental akan unsur rock. Bahkan di lagu yang bertajuk “Terbaik”, mereka menaburkan isian gitar yang clean, yang tentunya terbilang tidak biasa diterapkan di komposisi pop punk.

“Di album ‘Rumah Impian’, sejujurnya kami lumayan banyak terpengaruh dari band-band rilisan Hopeless Records, seperti Neckdeep, New Found Glory dan lain-lain. Di lagu ‘Heart of Pop’, isian gitar Ave yang kekinian begitu terasa di. Selain itu, Bob juga mengakui pengaruh besar dari lagu lagu NOFX dari album ‘Heavy Petting Zoo’ pada lagu ‘Batas’,” ungkap personel Sound of Monkey kepada MUSIKERAS, menjelaskan.

Di sini, trio Sound of Monkey juga mengedepankan formula khusus untuk lini vokal, sehingga sangat banyak aransemen gitar dan dram yang ‘mengalah’ demi mendapatkan vokal yang lebih melodius, sekaligus demi mendapatkan harmonisasi yang pas. Selain itu, Sound of Monkey juga sangat mengonsep pemilihan lirik agar bisa menjadi penganut pop punk yang istimewa.

“Kami sangat hati hati dan tidak mau ada lirik ‘cheesy’. Vokal menjadi perhatian utama, karena kami ingin vokal menjadi santapan utama di album ‘Rumah Impian’. Ada satu trek yang berjudul ‘Semangat’, lagu yang terinspirasi dari Blink 182 – ‘Built This Pool’. Lagu yang pendek dan langsung pada intinya, formulanya kurang lebih mirip seperti Blink, tetapi di lagu ‘Semangat’, liriknya lebih positif, tidak seperti ‘Built This Pool’ yang memang lagu ‘becandaan’.”

Sound of Monkey sendiri lahir dari kolaborasi musik yang alami antara Lamlam dan Bob – keduanya dari band Closehead dengan Avedis Mutter dari unit cadas Aftercoma. Bermula dari rasa haus akan berkarya dan membuat lagu, mereka bertiga menghabiskan waktu luang mereka dengan ‘memasak’ materi di Rebuilt Studio dan SoundOfMonkey Studio, yang ternyata membuahkan hasil beberapa lagu dengan nuansa pop rock/punk yang sangat mereka gemari. Proses serius penggarapan lagu dimulai pada April 2018 lalu, dan merilis single pertama berjudul “Teman” pada 21 Juli 2018. Album “Rumah Impian” sendiri resmi diluncurkan oleh 40124 Records pada 12 November 2018 via berbagai platform digital. Selain tujuh lagu utama, Sound Of Monkey juga memasukkan dua lagu demo asli serta tujuh trek komentar agar pendengar bisa lebih mudah mendalami makna lagu-lagu Sound Of Monkey di album tersebut. (aug/MK02)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY