Unit emo yang terbentuk di sisi Timur Jakarta tahun lalu ini akhirnya melepas sebuah single gres bertajuk “Lost”. Sementara ini, untuk mendengarkan karya rekaman tersebut, kalian bisa menelusurinya di berbagai gerai digital seperti Spotify atau Joox.

Para personel Soul of Broken, yakni Ishan (vokal/scream), Asrul “Acunk” (gitar/vokal clean), Ali (bass) dan Nendy (dram) mengakui menggarap proses rekaman “Lost” selama kurang lebih enam bulan, yang dieksekusi di studio Playrecord. Selama menjalaninya, mereka menemukan kendala yang terbilang rumit. Pasalnya, awalnya “Lost” diisi oleh vokal wanita untuk clean, sementara untuk porsi scream dieksekusi oleh Acunk.

“Setelah lagu ini jadi, cewek yang isi vokal clean keluar dari band dikarenakan nggak dibolehin sama pacarnya main band. Setelah itu, barulah Ishan masuk dan si gitaris kami jadi ngisi clean vokalnya,” ungkap pihak band kepada MUSIKERAS, menjelaskan.

Terlepas dari masalah tadi, lewat “Lost”, Soul of Broken memegang visi ingin melakukan perbaruan dalam memainkan genre emo. Tidak lagi sepenuhnya terdengar seperti era band-band seperti Saosin atau Alesana. Melainkan memadukan berbagai pengaruh dari band-band yang menjadi panutan mereka saat ini.

“Kami mix dengan beat-beat yang modern kayak sekarang, contoh seperti breakdown ganjil serta part-part yang unik. Untuk referensi musik kami lebih cenderung ke Asking Alexandria, Blessthefall, Memphis May Fire, bahkan ke Slipknot untuk tempo dram, sementara untuk voakl clean lebih menuju ke 30 Seconds to Mars. Semoga aja bisa diterima di kuping teman-teman. Kami memilih emo, karena menurut kami di genre ini kami merasa nyaman ngungkapin perasaan soal hati lewat musik yang kita mainkan.”

Setelah single “Lost”, Soul of Broken telah menyiapkan beberapa lagu lagi untuk dijadikan album. Nantinya, di album debut tersebut, mereka akan banyak bercerita tentang isi hati, mulai dari ditinggalin orang yang disayangi, kenangan tentang mantan, hingga masalah patah hati.

Sedikit menengok ke belakang, geliat Soul of Broken dimulai oleh Asrul yang iseng membentuk band dengan gitaris saat itu, Fahmi. Mereka sempat memainkan musik-musik pop dengan formasi: Rina (vokal), Asrul (gitar), Fahmi (gitar), Rexi (bass) dan Hamzah (dram). Seiring waktu berjalan, nama Soul of Broken lantas ditetapkan, berdasarkan pengalaman para personelnya yang pernah merasakan patah hati.

Di tengah jalan, Fahmi mulai sibuk dengan karya beat-beat hiphop dan akhirnya memilih jalur itu dan meninggalkan band. Rina juga keluar dikarenakan sibuk dengan pekerjaan. Begitu juga dengan Hamzah yang hengkang tanpa sebab, serta Rexi yang memilih bergabung dengan band lain.

Setelah sempat vakum, Asrul lantas kembali menggairahkan Soul of Broken dan mengajak Nendy dan Ali. Mereka mulai menggarap lagu bertema emo dan menemukan vokalis wanita, Moni, yang akhirnya berujung pada terciptanya lagu “Lost”. Rencananya, tahun depan, Soul of Broken akan meluncurkan secara resmi materi album perdananya. (aug/MK03)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY