Dengan garapan musik yang lebih simpel, serta menunjukkan taring hardcore yang kembali pada jalur utama (back to the roots), Flowdown kembali menggelora lewat peluncuran versi visual dari single “Revive” yang telah dirilis pada Juli 2018 lalu. Unit cadas asal Surabaya, Jawa Timur ini juga kini diperkuat dua personel baru, yakni Randi pada vokal serta Bindox di belakang perangkat dram, yang bersama gitaris Putu Moreno menjadi pelengkap kebengisan musik Flowdown.

Selain lebih fresh, kehadiran Randi dan Bindox juga telah memberi karakter dan konsep yang berbeda dibanding sebelumnya. “Kami ingin kembali ke roots, dimana musik hardcore new skool era ’90an seperti Biohazard dan Earth Crisis berada. Musik hardcore dengan sound distorsi yang berat dibalut dengan lirik yang lugas. Karena poin punchline dari Flowdown tentunya adalah lirik yang mudah untuk dicerna, simpel tapi bermakna, yang dipetik dari konflik sosial kami sehari-hari,” ungkap Flowdown kepada MUSIKERAS, menegaskan.

Di video klip “Revive” sendiri, Flowdown mengemas pesan-pesan di liriknya dalam penggambaran visual tentang bagaimana membangkitkan kembali semangat, dan motivasi yang ditujukan kepada seseorang yang sedang dalam keadaan terpuruk, bagaimana cara menghadapi situasi dan menyembuhkan kembali kehidupan seseorang yang didefinisikan sebagai hal yang paling sulit untuk dijalani.

Flowdown menggarap rekaman single “Revive” – yang diedarkan via Grounderz Records – di Musical Studio, Sidoarjo selama kurang lebih tiga minggu. Termasuk tahapan mixing dan mastering yang juga dieksekusi di studio yang sama. Saat ini, single “Revive” bisa didapatkan via berbagai platform digital seperti iTunes, Spotify, Amazon, Deezer, Google Play dan lain-lain. Sebelum “Revive”, Flowdown tercatat juga telah merilis sebuah album mini (EP) berjudul “Sistem Menjerat” (2015) serta album penuh bertajuk “Provokasi” (2017).

Dan rencananya, band bentukan Maret 2012 yang telah lima kali mengalami proses pergantian formasi (dengan hanya menyisakan Putu Moreno sebagai personel asli) tersebut bakal menetaskan EP baru pada awal 2019 mendatang. “Karena semua materi sudah siap untuk direkam, yang berisikan lima lagu baru dengan line-up terbaru, dan juga yang pasti dengan sound, konsep, warna yang berbeda dibanding album sebelumnya!” (mdy/MK01)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY