Memanfaatkan jadwal longgar bandnya, Lamb of God, gitaris Mark Morton akhirnya berhasil menuntaskan album solonya yang bertajuk “Anesthetic”. Rencananya, karya rekaman spesial tersebut bakal dirilis resmi pada awal Maret 2019 mendatang via label WPP Records dan Spinefarm Records. Bahkan, single ‘penggoda’ pertama, “The Truth Is Dead” yang menampilkan suara dari Randy Blythe (Lamb of God) dan Alissa White-Gluz (Arch Enemy) kini sudah bisa didengarkan (streaming) versi digitalnya.

“Anesthetic” sendiri dibuat di antara sebuah tim impian, yang di dalamnya terdiri dari para musisi paling terhormat di jagat musik, sejumlah sahabat dan mereka yang tidak pernah terbayangkan bakal berkolaborasi dengan pentolan Lamb of God. Idenya dimulai oleh Jake (pemimpin band heavy rock ONI dan pendiri WPP Records), produser Josh Wilbur (Lamb of God, Trivium, ONI, Gojira), dan tentu saja Mark Morton yang lantas terealisasi dengan Mark berperan sebagai muara kreativitasnya.

Mark telah menulis sebagian materi dalam “Anesthetic” sejak beberapa tahun lalu. Baginya, album tersebut bukan upaya untuk memulai sesuatu di luar Lamb of God. “Musik selalu ada di kepala saya, dan sampai saya menulis dan merekamnya, itu menempel di sana. Tapi begitu saya merekamnya, itu keluar begitu saja. Musik itu katarsis, lebih untuk kewarasan saya sendiri,” cetus Mark, seperti yang dikutip dari Blabbermouth.net.

Selain Randy Blythe dan Alissa White-Gluz, barisan vokalis yang ambil bagian dalam album tersebut meliputi Jacoby Shaddix (Papa Roach), Myles Kennedy (Slash, Alter Bridge), Mark Lanegan, Chuck Billy (Testament), Jake Oni, Josh Todd (Buckcherry), Mark Morales, Naeemah Maddox serta mendiang Chester Bennington (Linkin Park).

Secara musikal, Mark mengeksekusi seluruh isian gitar yang dibantu deretan musisi kelas wahid semacam Roy Mayorga (Stone Sour), David Ellefson (Megadeth), Ray Luzier (Korn), Paolo Gregoletto dan Alex Bent (Trivium), Mike Inez (Alice in Chains), Jean-Paul Gaster (Clutch), Steve Gorman dan Marc Paul.

Sebagai tambahan informasi, pemilik nama lengkap Mark Duane Morton yang dilahirkan di Amerika Serikat pada 25 November 1972 memulai karir bermusiknya lewat band remaja bernama Axis. Pada 1990, Mark, Chris Adler, dan John Campbell bertemu di Virginia Commonwealth University dan membentuk band Burn The Priest. Tak lama berselang, Mark meninggalkan Burn The Priest demi mengejar gelar master di dunia pendidikan. Sementara Chris dan John, melanjutkan denyut nadi band tersebut dengan merekrut gitaris Abe Spear dan vokalis Randy Blythe. Band ini kemudian merilis sejumlah album demo.

Berselang lima tahun, Mark kembali bergabung dengan Burn The Priest dan mereka merilis album penuh berlabel self-titled pertamanya pada 1999. Untuk  mencegah anggapan sebagai band metal pemuja setan, Burn The Priest mengubah nama menjadi Lamb Of God. Di album debutnya, “New American Gospel” (2000), nama Mark ditulis sebagai ‘Duane’. (RN/MK03)

.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY