Lahir dari perpecahan yang terjadi di band metal masing-masing, Untold justru akhirnya bisa bertahan dengan konsep musik yang jauh berbeda. Band bentukan 2015 yang berasal dari sisi Timur Jakarta ini memilih punk rock sebagai pengobar semangat. Dan kini, dengan semangat yang banyak terpengaruh konsep musik a la Bad Religion, Pennywise, Good Riddance hingga The Offspring, Untold berhasil merampungkan 10 lagu dan merilisnya di album debut bertajuk “Ornament” via label independen Jeruk Records.

Bagi penggemar punk rock yang bertempo cukup cepat, padat dan melodius, “Ornament” adalah pilihan yang tepat untuk didengarkan. Itu yang diklaim Bona (gitar/vokal), Gugi (gitar), T-Bone (bass) dan Kinan (dram) via siaran pers resminya. Namun, kepada MUSIKERAS, Untold cukup diplomatis menggambarkan karakter mereka, yang mereka sebut tak beda dibanding band punk lainnya yang ada di Tanah Air. “Kami sama dengan band band lain. Kami salah satu dari mereka. Kami sependapat dengan mereka. Apakah kami berbeda?”

Sementara untuk keseluruhan konsep, “Ornament” mengandung tiga elemen, yakni teman-teman, lingkungan dan minuman. “Lingkungan yang kurang sehat lembab berdebu dan rawan penyakit menular adalah poin pembahasan lirik di ‘Ornament’. Agar bahasanya lebih positif kami gunakan kata ‘Ornament’,” ungkap Untold menegaskan. 

“Ornament” sendiri digarap selama kurang lebih dua tahun. Sementara proses rekaman yang dieksekusi di studio Coma Music, Jakarta Timur mulai dicicil sejak tahun lalu. Salah satu penyebab melarnya durasi produksinya karena tersandung masalah klasik, yakni finansial. Di salah satu lagunya yang berjudul “Threat of Unrest”, Untold untuk pertama kalinya melibatkan seorang vokalis tamu, yakni Hanasduvan dari band Bankshot, Bandung. “Proses take kami lakukan terpisah antara Jakarta dan Bandung. Di lagu featuring ini juga kami bikin materi ngebut karena untuk menggenapkan song list di album.”

Untold mulai menggeliat pada 2016, dimana para personelnya dipertemukan di sebuah tongkrongan, di sisi Timur Jakarta. Sambil menjalani proses manggung sana-sini, pada 2017 Untold dilibatkan dalam sebuah kompilasi JR- 001 “Audio Gangbang” garapan Jeruk Records. Untold sendiri meraungkan dua trek di kompilasi tersebut, masing-masing berjudul “Up Side Down Alert” dan “Do What You Want”. Dua lagu tersebut sekaligus menandai awal mula keberadaan Untold sebagai band punk rock. Oh ya, album “Ornament” juga terasedia dalam format bundle yang berisi kaos, CD serta stiker seharga Rp 135.000. (aug/MK02)

.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY