Akhirnya, kegaduhan politik di dalam lirik-liriknya bisa menjadi kegaduhan yang sebenarnya, tapi dalam wujud karya musik. Ya, unit punk rock asal Semarang ini telah berhasil merampungkan proses produksi album mininya (EP) yang bertajuk “Time Bomb” dan merilisnya pada 23 Desember 2018 lalu. Alien Ass mengedarkan karya rekaman yang memuat enam lagu plus sebuah trek bonus tersebut via Grease Records.

Para personelnya, Ariz FX (bass/vokal), Bayu Kapoux (gitar/vokal) dan Rio Rawk (dram) merekam “Time Bomb” di Strato Studio, Semerang. Tapi khusus trek bonus dieksekusi di Al Studio. Sementara untuk mixing dan mastering, mereka mempercayakannya pada Adi Oeban, engineer yang mereka sebut terbaik di Semarang.

Nah, tahapan yang disebut terakhir inilah yang bisa dibilang ikut memegang andil besar membuat durasi penggarapan album menjadi lebih lama. Karena menginginkan Adi Oeban, Alien Ass rela mengantri sampai 2017, untuk sebuah materi rekaman EP yang telah direkam pada kurun waktu 2015 -2016. Selain itu, mereka juga sempat didera perubahan formasi saat itu.

“Gitaris kami sebelumnya, Joe EL cabut dan posisinya diganti Bayu Kapoux yang sebelumnya di posisi dramer. Dan dengan padatnya jadwal Pak Adi Oeban, kami harus antri sampai 2017. Sayangnya, (saat waktu tersedia) kami gantian yang sibuk tur ‘Time Bomb Tour 2017 -2018’. Dan baru setelah menyelesaikan tur kami bisa selesaikan (album) di akhir tahun 2018 ini,” ungkap Alien Ass kepada MUSIKERAS, memperjelas.

Dari segi lirik, semuanya lahir dari ‘keluh-kesah’ Ariz FX yang banyak berbicara tentang perang latar belakang era ‘2000an, saat G. W Bush (Presiden Amerika Serikat) berkuasa dengan propaganda perangnya meng-invasi Irak, Afganistan dan negara Timur Tengah lainya untuk menguasai sumber daya alam, lalu perang abadi Israel-Palestina hingga teroris di Indonesia. Para personel Alien Ass menyebutnya dengan istilah ‘poet-punk politics’, seperti era awal terbentuknya legenda punk Sex Pistols dan Ramones. Lantas buncahan lirik panas tersebut mereka kobarkan melalui garukan punk yang terpengaruh gelombang punk rock revival macam Bad Religion, Rancid, NOFX hingga Anti-Flag.

Kini “Time Bomb” sudah bisa diperoleh di berbagai gerai digital seperti Spotify, iTunes, Joox, Deezer dan sebagainya. Sementara untuk versi fisik, Alien Ass yang terbentuk sejak Desember 2004 silam akan meluncurkannya pada 23 Januari 2019 mendatang, bertepatan dengan launching party “Time Bomb” serta perilisan video clip “We Are Punk”. (aug/MK02)

.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY