Mengawali 2019, banyak rilisan seru yang bakal atau mulai mengasapi skena rock dan metal di jagat raya ini. Yang terbaru adalah kabar dari salah satu raksasa thrash metal dunia, Megadeth. Band legendaris ini telah mengumumkan bakal merilis sebuah album kompilasi yang memuat karya-karya rekaman terbaiknya, yang diberi judul “Warheads On Foreheads”. Bakal diluncurkan resmi pada 22 Maret 2019 mendatang, dan bakal memuat sebanyak 35 amunisi kejam yang dipilih langsung oleh sang nakhoda, Dave Mustaine.

Ya, ini bukan pertama kalinya Megadeth merilis album semacam ‘best of’. Sebelumnya, tepatnya pada 2005 silam, mereka pernah meluncurkan “Greatest Hits: Back to the Start” yang memuat 17 komposisi, hasil pilihan terbanyak dari jajak pendapat dengan para penggemar Megadeth. Sebelum “Warheads On Foreheads” digelindingkan, Megadeth juga telah mencanangkan bakal merilis ulang album “The World Needs A Hero” (2001) dan “The System Has Failed” (2004) via label BMG pada 15 Februari 2019. Sementara untuk album terbaru, rencananya bakal rampung pada musim panas atau musim gugur tahun ini, dan bakal menjadi album pertama yang menghadirkan kontribusi dari dramer terbaru, Dirk Verbeuren.

Kabar seru lainnya adalah dirilisnya “Cross Off”, single terbaru dari Mark Morton, gitaris Lamb of God yang bakal meluncurkan album solo pertamanya, “Anesthetic” pada awal March mendatang via WPP Records dan Spinefarm Records. “Cross Off” sendiri menghadirkan kolaborasi Mark dengan mendiang vokalis Chester Bennington (Linkin Park). Di lagu yang diproduseri oleh Josh Wilbur ini, Mark juga didukung oleh bassis serta dramer Trivium, Paolo Gregoletto dan Alex Bent.

Masih tentang single-single baru, unit power metal kebanggaan metalhead Italia, Rhapsody of Fire juga baru saja melepas “Rain Of Fury”, single untuk menyambut perilisan album “The Eighth Mountain” yang bakal diletupkan pada 22 Februari 2019 via AFM Records.

Lalu untuk menyokong promosi album “The Simulation” yang telah dirilis sejak 11 Januari lalu, unit progressive metal/djent Born of Osiris juga telah menetaskan video musik terbaru untuk single “Cycles Of Tragedy”.

Soilwork yang juga melepas album terbarunya, “Verkligheten” pada 11 Januari lalu, pun tak ketinggalan berusaha mencuri perhatian lewat video musik terbaru bertajuk “Witan”. Oh ya, “Verkligheten” sendiri merupakan album pertama yang menghadirkan permainan dram Bastian Thusgaard, dramer yang menggantikan posisi Dirk Verbeuren (Megadeth) sejak 2016 lalu.

Dari belahan benua Eropa, tepatnya di Swedia, pionir genre melodic death metal At the Gates telah menyibukkan diri dengan meluncurkan beberapa proyek rekaman sekaligus. Di tengah kesibukan menjalani tur Eropa bersama Behemoth dan Wolves in the Throne Room, At the Gates telah melempar album mini (EP) bertajuk “The Mirror Black” dalam format piringan hitam 7 inchi serta sebuah EP digital spesial berjudul “With The Pantheons Blind”. Lagu “The Mirror Black” sendiri yang menghadirkan vokalis tamu, Rob Miller dari Amebix dan Tau Cross juga sudah bisa dinikmati videonya di YouTube.

Hmm… apa lagi? Masih banyak. Kembali dari Swedia, raksasa metal In Flames juga telah meluncurkan video lirik untuk single terbarunya, “I, The Mask”. Lalu ada Dream Theater, unit progressive metal yang paling disegani ini juga telah melepas single “Fall Into The Light” yang akan membuka jalan perilisan album terbaru mereka, “Distance Over Time” pada 22 Februari 2019. Begitu juga dengan unit progressive metal senior, Queensryche yang telah mengambil ancang-ancang untuk merilis “The Verdict”, album terbaru yang siap diledakkan tepat awal Maret 2019 mendatang via Century Media Records.

Tak ketinggalan, pejuang death metal ‘bawah tanah’, Misery Index juga telah mengumumkan bakal mengamuk lewat album terbaru yang akan dirilis pada 8 Maret mendatang via label Season Of Mist. Sebagai pemanasan, mereka telah menyajikan hidangan pembuka berupa single ganas bertajuk “Rituals Of Power”.

Di luar kabar perilisan single dan album, ada kabar menarik dari Greg Puciato, vokalis dan penulis lagu The Dilinger Escape Plan, unit progressive/math metal asal AS. Walau bisa dibilang bandnya tersebut sudah tutup buku, namun Greg justru tengah bersiap-siap merilis buku karyanya sendiri, berjudul “Separate The Dawn”, yang berisi kumpulan puisi dan karya foto yang diabadikannya selama menjalani lebih dari satu tahun terakhir bersama The Dilinger Escape Plan. Buku tersebut akan diterbitkan oleh Federal Prisoner pada 12 Februari 2019.

Oke, kabar terakhir yang tak kalah seru adalah terbentuknya sebuah band baru yang sepak terjangnya diyakini bakal menggetarkan. Band tersebut bernama Over It All, yang dihuni oleh Randy Blythe (Lamb of God), Javier Reyes (Animals As Leaders), Lorenzo Antonucci (Sworn Enemy), JJ Cassiere (33 & West booking agency) dan Baron Bodnar (Mediaskare Records). Lewat akun Instagram mereka, Over It All dicanangkan bakal merilis album debut pada tahun ini juga via label Sumerian Records. Sedahsyat apa musiknya? Kita tunggu…! (MK03)

Kredit foto: Azhan Miraza (Megadeth)

.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY