Membuka 2019, Weezer semburkan kejutan. Ya, dengarkan saja cara band alternative rock ini mendaur ulang lagu “Paranoid” milik ‘kakek metal’ legendaris, Black Sabbath. Lagu tersebut baru saja dirilis dan… wow, Weezer kali ini sama sekali tidak bergurau, seperti yang biasanya tersirat dari lagu-lagu asli mereka. Khususnya di lini vokal dan gitar, gitaris Brian Bell yang mendapat tugas menginterpretasi vokal Ozzy Osbourne tampil sangat ekspresif. Begitu juga dengan gitaris Rivers Cuomo yang memainkan part-part Tony Iommi dengan impresif. 

Lagu “Paranoid” ini sendiri merupakan salah satu trek dari 10 lagu yang termuat di “The Teal Album” (Atlantic Records/Crush Music), sebuah karya rekaman album yang keseluruhan beramunisikan lagu-lagu daur ulang. Tidak melulu dari keluarga rock atau metal. Namun ada juga karya-karya pop tenar seperti “Take On Me” (A-Ha), “Sweet Dreams (Are Made Of This)” milik The Eurythmics yang juga pernah didaur ulang oleh Marilyn Manson, lalu “Billie Jean” (Michael Jackson), “Stand By Me” (Ben E. King) hingga “Africa” (TOTO). 

Khusus mengenai lagu “Africa” ini, sejak diperdengarkan ke publik pada akhir Mei 2018 lalu, langsung menohok ke jenjang lagu-lagu terlaris Billboard Hot 100 dan juga menempati peringkat teratas di Billboard Alternative Songs. “The Teal Album” sendiri sudah dirilis sejak 24 Januari 2019 lalu, namun baru dalam format digital. Sementara untuk kemasan fisik dicanangkan bakal tersedia mulai 8 Maret mendatang.

Oh ya, disamping lagu-lagu cover, Weezer juga telah bersiap-siap meluncurkan karya album rekaman yang berisi lagu-lagu baru ciptaan mereka sendiri. Diberi tajuk “The Black Album” dan akan resmi dirilis pada awal maret 2019. Dua single dari album ini, yakni “Can’t Knock The Hustle” dan “Zombie Bastards” sudah lebih dulu diperdengarkan sejak Oktober-November tahun lalu.

Selain dihuni Rivers Cuomo dan Brian Bell, Weezer yang terbentuk di Los Angeles, California pada 1992 silam ini juga diperkuat oleh Patrick Wilson (dram) dan Scott Shriner (bass). Setelah mengikat kontrak rekaman dengan label Geffen Records pada 1993, Weezer melahirkan album debut – yang juga kerap disebut dengan judul “Blue Album” – yang melejitkan single “Buddy Holly”, “Undone – The Sweater Song” dan “Say It Ain’t So”. 

Selain “The Teal Album” dan “Black Album”, sampai saat ini Weezer telah merilis album “Weezer (Blue Album)” (1994), “Pinkerton” (1996), “Weezer (Green Album)” (2001), “Maladroit” (2002), “Make Believe” (2005), “Weezer (Red Album)” (2008), “Raditude” (2009), “Hurley” (2010), “Everything Will Be Alright in the End” (2014), “Weezer (White Album)” (2016) dan “Pacific Daydream” (2017). (MK03)

Kredit foto: Shawn Murphy

.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY