Dari Kota Gorontalo, Sulawesi Utara, sebuah unit garage rock yang menamakan dirinya 90’s Dirty on the Wild Night Party – lalu disingkat menjadi 90’s D.O.W.N Party – bertekad mematahkan pengelompokan atau ‘jurang’ yang memisahkan jarak antara ‘band Ibu Kota’ dengan ‘band daerah’. Terutama dari segi kualitas. Mereka ingin membuktikannya lewat album mini (EP) debut bertajuk “Tough Enough” yang telah dirilis via Earthquake Records sejak Februari 2019 lalu.

“Banyak kawan seniman di Indonesia Timur yang keren-keren dan belum banyak diketahui orang. Kami cuma salah satu dari segudang amunisi yang dimiliki. Ya mungkin, ini mungkin yah, sehabis mendengarkan musik kami kalian bakal tertarik mengulik musisi-musisi lain tadi. Dan mungkin setelahnya kalian juga bakal merasa bahwa pengelompokan ‘band Ibu Kota’ dan ‘band daerah’ itu sudah tidak relevan,” cetus pihak band kepada MUSIKERAS, meyakinkan.

Aries Ishak (vokal/gitar), Rian Ibrahim (vokal/bass), Prasetyo Hatibie (gitar) dan Dody Paneo (dram) mengumpulkan materi EP tersebut sejak 2016 silam. Hasilnya adalah enam komposisi yang menampilkan garage rock energik dan catchy. “Kami menyebut musik kami dengan sebutan ‘wild rock’,” ungkap mereka lagi, mempertegas.

“Ya, ini mungkin kedengaran sangat pretensius kalo dipikir lagi sekarang, dibanding sepuluh tahun lalu. Kalau mau dibedah, apa yang kami sebut wild rock itu sebenarnya garage rock dengan macam-macam bumbu; ada Britpop sampai sedikit sentuhan Seattle sound.”

Proses kreatif dari “Tough Enough” sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama; dari pengerjaan lagu sampai rekaman. Lagu pertama yang digarap band bentukan 2009 silam ini adalah “Damn, Morning TV Show” pada 2014. Sekian tahun berselang, pada awal 2017, mereka kembali memfokuskan diri menggarap materi. Lagu “48 Hours” kemudian direkam dengan komitmen bahwa mereka harus merampungkan album tersebut. Tak lama berselang, lagu demi lagu akhirnya berhasil mereka kerjakan sampai pada akhirnya rampung di pertengahan 2018. Keseluruhan proses rekaman mereka eksekusi di A-Were Studio.

Awalnya, setelah proses kreatif selesai, 90’s D.O.W.N Party berencana merilis “Tough Enough” pada akhir 2018 lalu. Namun karena terhadang berbagai kendala rencana itu pun urung terlaksana. “Banyak hal yang kami lalui saat proses pengerjaan EP ini; hal-hal personal yang bagi kami masing-masing lumayan menguras energi,” ungkap para personel 90’s D.O.W.N Party mengenang.

“Tapi dengan selesainya EP ini, kami membuktikan bahwa apa pun yang kami lalui, kami masih punya sisa energi untuk melakukan apa yang menjadi passion kami: bermusik. So yeah, we’re tough enough to stand and rock!” (mdy/MK02)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY