Sepuluh bulan sejak merilis single reuni bertajuk “My Own Grave”, kini As I Lay Dying melanjutkan momentum tersebut. Besok, 12 April, unit metalcore asal San Diego, California tersebut akan meluncurkan single terbaru berjudul “Redefined”, yang menghadirkan vokalis tamu Jake Luhrs dari August Burns Red. As I Lay Dying sendiri terakhir kali merilis album, “Awakened” pada September 2012 silam.

Seperti yang sudah diketahui publik metal, As I Lay Dying sempat terkubur selama empat tahun setelah vokalis Tim Lambesis dijebloskan ke dalam penjara. Tim ditangkap pada 2013 – tak lama setelah As I Lay Dying merilis album “Awakened” – atas tuduhan pembunuhan berencana terhadap istrinya sendiri dan divonis hukuman penjara selama enam tahun. Namun pada Desember 2016, Tim mendapatkan pembebasan bersyarat.

Setelah menggebrak lewat single “My Own Grave”, As I Lay Dying yang bangkit kembali dengan formasi terbaiknya, yakni Tim Lambesis, Nick Hipa (gitar), Phil Sgrosso (gitar), Josh Gilbert (bass) dan Jordan Mancino (dram) juga langsung mengumumkan konser pertamanya di Soma Sidestage, San Diego pada 16 Juni 2018 lalu.

As I Lay Dying yang dibentuk pada tahun 2000 oleh Tim Lambesis, sejauh ini telah menghasilkan enam album studio, yakni “Beneath the Encasing of Ashes” (2001), “Frail Words Collapse” (2003), “Shadows Are Security” (2005), “An Ocean Between Us” (2007), “The Powerless Rise” (2010) dan “Awakened” (2012).

“An Ocean Between Us” bisa dibilang sebagai album tersukses As I Lay Dying dalam karirnya, yang berhasil menembus peringkat 8 terlaris di Amerika Serikat versi Billboard 200. Pada 2007, As I Lay Dying memenangkan penghargaan “Ultimate Metal God” dari MTV2 serta gelar “Artist of the Year” di San Diego Music Awards pada 2005. Mereka juga tercatat masuk nominasi di Grammy Award 2008 untuk lagu “Nothing Left”.

As I Lay Dying sendiri sempat menggelar konser di Jakarta sebanyak dua kali. Yang pertama berlangsung di Tennis Indoor Senayan, pada 30 November 2008, lalu yang kedua di panggung Hammersonic Festival, Ancol pada 28 April 2013 silam. Ketika As I Lay Dying vakum, para personel yang tersisa membentuk band baru bernama Wovenwar dengan vokalis Shane Blay dan merilis dua album, yakni “Wovenwar” (2014) dan “Honor Is Dead” (2016).

Mulai 24 September 2019 mendatang, As I Lay Dying akan menjalani tur di kawasan Eropa dan Rusia bersama band Chelsea Grin, Unearth dan Fit For A King! (MK03)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY