Yang ditunggu-tunggu para pemuja musik keras akhirnya datang juga. Gerombolan metal yang berbasis di Iowa, Slipknot kembali dengan amunisi baru. “We Are Not Your Kind”, demikian judul album terbarunya yang dijadwalkan menebar teror pada 9 Agustus 2019 mendatang. Lewat karya rekaman yang bakal kembali diedarkan via label rekaman Roadrunner Records tersebut, Slipknot telah membuka gerbang ancaman melalui single pembuka bertajuk “Unsainted” yang sudah tersedia di seluruh platform streaming digital, yang dilengkapi pula dengan visualisasi video di kanal YouTube resmi mereka.

Disutradarai oleh leader sekaligus perkusionis Slipknot, M. Shawn Crahan, video klip dan track “Unsainted” tersebut menawarkan pandangan sekilas tentang masa depan dari salah satu band metal paling populer dan penuh teka-teki di muka bumi ini.

“Ini adalah waktu yang paling luang kami miliki untuk menulis album, dan mengerjakannya bersama-sama. Salah satu inspirasi saya kali ini adalah para seniman yang merekam album panjang penuh – bukan hanya lagu. Sementara industri bergerak menuju single, Slipknot ingin membuat pengalaman album, dari depan ke belakang,” tutur gitaris Jim Root tentang album baru Slipknot, mengungkapkan.

“We Are Not Your Kind” kini telah tersedia untuk pemesanan awal sejak Kamis (16/5) dengan bundel eksklusif di Slipknot1.com. Penggarapan rekaman album ini juga kembali dieksekusi di sebuah studio di Los Angeles bersama produser Greg Fidelman, yang sebelumnya berperan sebagai engineer dan juru mixing album “Vol. 3: (The Subliminal Verses)” (2004) dan “.5: The Gray Chapter” (2014).

“Akhir-akhir ini seni yang kami hasilkan datang dengan penghargaan tertinggi, karena menghabiskan waktu paling banyak,” imbuh Crahan menambahkan. “Hampir empat tahun untuk menciptakan emosi dan suhu ini, dan hadiah yang kami terima sekarang tidak lain adalah keselamatan (band).”

Pernyataan Shawn bisa jadi berhubungan dengan kepergian perkusionis Chris Fehn pada pertengahan Maret lalu. Berita ini sekaligus melanjutkan laporan pekan sebelumnya yang menyebutkan Fehn menggugat Slipknot atas masalah seputar pembayaran dan kompensasi. Biar kalian tahu. Album “.5: The Grey Chapter” juga dirilis setelah Slipknot vakum selama enam tahun lantaran bassis Paul Gray meninggal dan dramer Joey Jordison dipecat.

Kembali ke “We Are Not Your Kind”, album studio keenam Slipknot yang menyuguhkan 14 komposisi mencekam tersebut tidak menyertakan lagu “All Out Life”, yang dirilis Oktober lalu. Alasannya, menurut vokalis Corey Taylor, “All Out Life” tidak merepresentasikan jenis musik yang diharapkan para penggemar dari album Slipknot. “Ini lagu yang bagus, itu lagu yang heavy, tapi itu bukan representasi yang baik dari kegelapan yang terlibat dengan musik,” cetus Corey baru-baru ini.

“Kami mengambil beberapa risiko yang sangat keren secara musikal. Kami melakukan ‘kejahatan’ yang belum pernah kami mainkan dalam waktu yang lama. Ada sedikit petunjuk tentang semua yang pernah kami lakukan, tetapi ada beberapa hal terberat yang pernah kami lakukan juga,” lanjut Corey.

Ketika ditanya bagaimana rasanya kembali ke tema-tema lirik yang lebih gelap, Corey berkata: “Ini sangat katarsis. Saya punya banyak hal yang harus saya katakan dan ini terasa seperti waktu yang tepat untuk melakukannya.”

Beberapa album baru Slipknot juga membahas tentang depresi Corey Taylor yang menyebabkan perceraian dan memaksanya untuk mencari tahu siapa dirinya tanpa mengalami penyalahgunaan narkoba.

“Yang saya lakukan hanyalah memberi dan saya menemukan diri saya,” ungkapnya. “Anda bisa melihatnya di kulit saya. Anda bisa melihatnya di mata saya. Pada dasarnya itu adalah perjalanan yang akan saya ambil di album ini … Tunjukkan kepada mereka apa yang terjadi dengan depresi ketika Anda tidak punya bahan kimia untuk digunakan lagi.”

Sementara itu. Tur utama Slipknot “Knotfest Roadshow” akan digelar di Amerika Utara musim panas ini. Volbeat, Gojira, dan Behemoth akan bergabung sebagai tamu istimewa di semua jadwal pertunjukan. Diproduksi oleh Live Nation, tur 29 kota tersebut akan dimulai pada 26 Juli di Mountain View, California di Shoreline Amphitheatre dan berlanjut hingga 8 September, lalu ditutup dengan penampilan di Cynthia Woods Mitchell Pavilion di The Woodlands, Texas.

Oh ya, selain Corey, Shawn dan Jim Root, Slipknot kini juga diperkuat personel Craig Jones (samples/kibord), Mick Thomson (gitar), Sid Wilson (turntables/kibord), Alessandro Venturella (bass) dan Jay Weinberg (dram). (RN/MK03)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY