Usai mengesahkan kolaborasinya dengan mantan vokalis St Loco, Joe Tirta pada September 2018 lalu, lewat perilisan versi daur ulang lagu “Fake”, “Fractured”, ”Young Blood”, “Remnants” dan “Tormented”, kini Killing Me Inside (Kilms) melanjutkan petualangan barunya tersebut ke jenjang yang lebih serius.

Eksekusinya berupa peluncuran sebuah single fresh berjudul “Burn”, dimana Josaphat Klements (gitar), Gama Gifar (dram) dan Machdis Arie As (additional bass) akhirnya benar-benar berjibaku dengan Joe Tirta dalam proses kreativitas musikal untuk menghasilkan karya baru. Sementara Rudye Nugraha Putra (kibord/programming) yang sedang ‘cuti’ juga tetap membantu memberi masukan ide-ide.

Chemistry semakin baik ketika menciptakan karya baru bersama di lagu ‘Burn’. Masing-masing mengeluarkan ide, prosesnya pun berjalan lancar dari mulai rekaman sampai pembuatan video klip,” ujar pihak band kepada MUSIKERAS, meyakinkan.

Single “Burn” sendiri dipilih dalam proyek ini karena karakter lagunya sangat pas dengan paduan Kilms dan Joe Tirta. Di lagu yang tema liriknya mengajak pendengar untuk optimis dalam menghadapi konflik diri tersebut, kedua pihak memperdalam eksplorasi pada ‘beat’ dalam komposisi rock alternatif yang kekinian.

“Khusus formasi dengan Joe Tirta, tuning Kilms diubah lebih low, sebuah eksplorasi baru. Membuat ambience lagu lebih ‘manly’ dan Kilms sendiri memberi kebebasan ke Joe untuk memasukkan nada, lirik dan pastinya scream khas Joe setelah seluruh musik selesai dibuat oleh Kilms.”

Sejak terbentuk pada 2005 silam, Kilms telah merilis empat album studio, yakni “A Fresh Start for Something New” (2009), “Killing Me Inside” (2010) “One Reason” (2012) dan “Rebirth: A New Beginning” (2014). Sepanjang perjalanan karirnya kerap terjadi pergantian formasi, di antaranya pernah dihuni oleh vokalis Onadio Leonardo, Vira Razak dan Sansan (Pee Wee Gaskins), gitaris Raka Cyril Damar (Vierra) serta dramer Putra Pra Ramadhan (Burgerkill/Sunrise). Sebelum menggaet Joe Tirta untuk berkolaborasi, sebelumnya Kilms juga melakukan hal yang sama dengan Aiu, mantan vokalis band Garasi, dan menghasilkan dua single bertajuk “Fractured” (Juni 2017) dan “Remnants” (Mei 2018). (mdy/MK01)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY