Sejak tren piringan hitam (vinyl) dan kaset kembali merebak beberapa tahun belakangan, banyak penyanyi, musisi dan band akhirnya kembali merilis karya rekamannya ke dalam format analog. Dan gerakan itu pun lantas direspon cepat oleh para produsen pembuat alat pemutarnya. Berbagai jenis pemutar piringan hitam dan kaset pun diproduksi, dan kini telah memenuhi pasaran luas.

Namun kini yang lebih mengejutkan, sebuah terobosan brilian telah dilakukan oleh NINM Lab, sebuah tim kreatif yang memusatkan karya produknya dalam bidang fotografi, musik hingga kopi. Mereka baru saja mengumumkan peluncuran produk pemutar kaset, diberi nama “IT’S OK Bluetooth 5.0” yang telah dikombinasikan dengan teknologi digital.

Kini mendengarkan musik dari kaset tak lagi harus berurusan dengan untaian kabel yang kadang merepotkan. Karena IT’S OK telah dilengkapi fasilitas Bluetooth, sehingga penggunanya bisa menghubungkannya ke pelantang suara (speaker) tanpa kabel (wireless). Atau juga bisa terpancar ke wireless headphone. Namun demikian, IT’S OK juga menyediakan akses headphone jack ukuran 3.5mm jika tetap ingin mendengarkannya di headphone berkabel.

“Pemutar kaset IT’S OK Bluetooth 5.0 membawa sudut pandang baru terhadap romantisme pemutar kaset era ‘80an. Ketika Anda sedang sendiri atau sedang berada di ruang publik, Anda bisa menikmati suara yang hangat dari kaset dengan bebas,” urai pihak NINM Lab lewat siaran pers resminya.

Tampilan IT’S OK sendiri sangat menarik, menawarkan tiga warna klasik namun sekaligus terkesan kekinian, yakni “Sakura” (merah muda), “Cloud” (putih) dan “Evening” (biru laut) plus penutup depan yang transparan sehingga gerakan mekanik kaset saat diputar terlihat jelas. Bobot IT’S OK hanya sekitar 152 gram, jika belum disematkan dua baterei AA dengan dimensi fisik berukuran 118mm x 84mm x 33.5mm.

Namun, jika ingin segera memiliki IT’S OK, sepertinya masih harus bersabar. Sejak 4 Juli 2019 lalu, produk IT’S OK baru dijajakan di Kickstarter.com – sebuah platform crowdfunding (penggalangan dana) – dengan bukaan harga sebesar US$63, atau sekitar hampir Rp 900.000. Belum dijual secara massal. Pembeli yang telah tercatat di Kickstarter baru akan mendapatkan kiriman IT’S OK secara serentak ke seluruh dunia pada Desember 2019 mendatang. Berminat? (*/MK03)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY