Kembalinya pasukan metal asal Iowa, Slipknot dari tidur panjang ternyata tidak main-main. Album barunya, “We Are Not Your Kind” (Roadrunner Records) langsung bertengger di posisi No. 1 tangga album Inggris. Ini pencapaian pertama kali Slipknot dalam 18 tahun terakhir.

Album studio keenam band yang telah menggeliat sejak 1995 silam tersebut berhasil mendepak album milik Ed Sheeran, “No.6 Collaborations Project” dari posisi teratas UK Offical Album Chart setelah mencatat skor angka penjualan sebesar 31.800 pada pekan pertama perilisannya.

Prestasi ini menjadikan “We Are Not Your Kind” sebagai salah satu dari lima album heavy metal yang mencapai puncak tangga lagu Inggris pada  dekade ini. Album-album lainnya meliputi; “Book The Book Of Souls” dan “Final The Final Frontier” dari Iron Maiden, “Hail To The King” ( Avenged Sevenfold) serta “13” (Black Sabbath).

Bagi Slipknot, “We Are Not Your Kind” adalah album kelima mereka yang sukses menerobos posisi lima besar secara beruntun. Sampai saat ini, “Iowa” adalah satu-satunya album yang sukses mencapai pucuk tangga album Inggris lagu pada September 2001. “We Are Not Kind” juga menjadi pelengkap koleksi album Slipknot yang sukses masuk 10 besar di Billboard 200, setelah “.5: The Grey Chapter” (2014 – No. 1), “All Hope Is Gone” (2008 – No. 1), “Vol. 3: (The Subliminal Verses)” (2004 – No. 2), dan “Iowa” ( 2001 – No. 3).

Bukan cuma itu. Billboard mencatat, album yang yang telah melejitkan single “Unsainted”, “Solway Firth” dan “Birth of the Cruel” tersebut telah terjual setara 118.000 unit album di Amerika Serikat pada pekan pertama perilisannya untuk menenempati posisi nomor puncak di tangga album Billboard 200. Dari jumlah itu, 102.000 di antaranya murni merupakan penjualan album. Daftar peringkat penjualan album Billboard 200 sendiri merupakan chart album paling popular tiap pekan di Amerika Serikat yang berdasarkan pada konsumsi multi-metrik yang diukur setara unit album. Unit-unit tersebut terdiri atas penjualan album tradisional, album setara trek, dan album setara streaming.

Masifnya penjualan “We Are Not Your Kind” sendiri salah satunya didorong oleh penukaran tiket konser Slipknot yang berbonus album. Ini dilakukan sejak akhir bulan lalu.

Dirilis pada 9 Agustus 2019, “We Are Not Your Kind” kembali direkam di studio Los Angeles bersama produser Greg Fidelman, yang sebelumnya menggarap album “Vol. 3: (The Subliminal Verses)” dan “.5: The Grey Chapter”.

Sebelum “We Are Not Your Kind” dirilis, vokalis Corey Taylor buka suara tentang bagaimana tema-tema gelap merasuki muatan album ini. “Benar-benar gelap, musiknya jatuh di antara ‘Iowa’ dan ‘Vol. 3’. Album ini eksperimental, tapi berat sekali. Agresif, tetapi memiliki banyak melodi. Saya pikir orang benar-benar akan menggalinya!”

Mengacu pada kredit yang tertera di album, penggarapan “We Are Not Your Kind” digarap oleh formasi Corey Taylor, Mick Thomson (gitar), Jim Root (gitar), Alessandro Venturella (bass), Jay Weinberg (dram), Shawn “Clown” Crahan (perkusi/produksi kreatif), Sid Wilson (turntables/kibord) dan Craig “133” Jones (samples/media/kibord).

Oh ya, selain di Amerika Serikat dan Inggris, “We Are Not Your Kind” juga menempati peringkat terlaris di Australia, Belgia, Kanada, Finlandia, Irlandia dan Skotlandia serta masuk lima besar di Belanda, Perancis, Jerman, Selandia Baru, Norwegia, Swedia serta Republik Ceko. (RN/MK03)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY