Setelah sebelumnya dirilis dalam kemasan DVD oleh Legacy Recordings/Sony pada 7 April 2015 lalu, rekaman konser gitaris rock virtuoso Steve Vai yang bertajuk “Stillness In Motion” akhirnya diabadikan ulang dalam format dua keping Blu-ray. Konser istimewa yang berlangsung di Club Nokia, Los Angeles pada 12 Oktober 2012 silam tersebut akan mulai diedarkan pada 13 September 2019 mendatang via label pribadi Steve Vai yang bernama Light Without Heat bekerja sama dengan distributor The Orchard.

Selain berisi rekaman konser, salah satu kepingan Blu-ray tersebut memuat materi bonus bertajuk “The Space Between The Notes (Tour Mischief)”, dimana Steve Vai menyuguhkan semacam rangkaian ‘catatan harian’ dari perjalanan turnya, saat mempromosikan album “Story Of Light”. Berdurasi lebih dari tiga jam, dengan tuturan gambar yang menggiring penonton melihat kesibukan Steve Vai di berbagai sisi dan momen – di atas panggung, di belakang panggung, di belakang layar – saat menjalani tur dunia yang menghabiskan sebanyak 253 jadwal di 52 negara.

Selain versi standar, “Stillness In Motion” juga dijajakan dalam kemasan istimewa dalam jumlah terbatas, dengan tambahan sebotol saus pedas “Stillness In Motion”, sebuah t-shirt, serta sebuah pemetik gitar “Stillness”.

“Membuat album rekaman, memainkannya di panggung dan melakukan tur adalah hal-hal yang paling saya sukai,” ujar Steve Vai via siaran pers resminya, menyangkut perilisan “Stillness In Motion”.

Khusus tentang bonus “The Space Between The Notes (Tour Mischief)”, Steve menyebutnya sebagai salah satu dari berbagai hal penting dalam karirnya. “Menarik, lucu, menghibur dan informatif. Anda akan menyaksikan perjalanan tur sebuah band rock dengan ekspresi yang sangat ‘dekat’.”

Steve Vai memulai karirnya pada 1978, saat masih berusia 18 sebagai pembuat transkrip musik untuk Frank Zappa, lalu bergabung di band musisi avant-garde tersebut pada periode 1980 – 1983. Setelah itu, Steve memulai karir solo dan sejauh ini telah merilis delapan album solo. Satu di antaranya adalah “Passion And Warfare” (1990) yang memuat komposisi instrumental abadi, “For the Love of God”.

Di luar karir solonya, Steve juga tercatat pernah tergabung di band Alcatrazz, David Lee Roth serta Whitesnake. Angka penjualan keseluruhan album solonya sudah mencapai angka lebih dari 15 juta keping di seluruh dunia dan sempat menghasilkan tiga penghargaan Grammy serta 15 nominasi. Steve Vai pernah tampil di Jakarta sebanyak tiga kali, yakni klinik gitar di Hard Rock Cafe (1996), konser di Tennis Indoor Senayan pada 22 Juli 2013 dan sebagai bagian dari rombongan Generation Axe yang menggelar konser di Econvention Ancol, 21 April 2017. (MK02)

Kredit foto: Budi Susanto

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY