Burgerkill kembali melanglang dunia. Kali ini, pusat industri musik dunia yang disasar, yakni Amerika Serikat. Salah satu unit cadas terbaik Tanah Air ini dijadwalkan bakal menancapkan cakarnya di jalanan 14 kota negara bagian dengan 16 titik venue dalam sebuah paket tur bertajuk “Adamantine American Tour 2019”. Di sepanjang tur yang berlangsung mulai 16 sampai 31 Oktober 2019 tersebut, Burgerkill bakal didampingi Suaka, band asal Indonesia yang sudah dinaturalisasi di sana.

“Adamantine” sendiri merupakan album terbaru Burgerkill yang telah diedarkan sejak 20 April 2018 lalu dalam berbagai format rilisan fisik maupun digital. Dan bahkan, untuk menyambut tur Amerika Serikat tersebut, kini “Adamantine” juga telah dikemas oleh Demajors Records dalam wujud piringan hitam (vinyl) dalam jumlah terbatas, yakni hanya 300 keping.

Sejak pertama didirikan 24 tahun silam, Burgerkill yang kini diperkuat formasi Vicky Mono (vokal), True “Eben” Megabenz (gitar), Agung Hellfrog (gitar), Ramdan Agustiana (bass) dan Putra Pra Ramadhan (dram) memang tak pernah berhenti bergerak dan berinovasi. Dan tur Amerika Serikat ini merupakan salah satu mimpi mereka yang akhirnya tercapai, walau sempat gagal tahun lalu karena terbentur permasalahan legal. Untungnya, kendala tersebut berhasil ditanggulangi, setelah berjuang sekitar enam bulan untuk menebusnya.

Perjalanan tur itu sendiri, menurut penuturan Eben kepada MUSIKERAS, bisa dibilang merupakan hasil kerja sama DIY (Do It Yourself) antara Burgerkill dan Suaka. “(Jadi) Sebetulnya, tidak ada booking agent resmi yang mengundang Burgerkill untuk main di sana. Ini murni kerja sama Burgerkill dengan Suaka. Tur ini memang sudah kami rencanakan sekitar dua tahun lalu, waktu Burgerkill mau rilis album ‘Adamantine’, jadi ini hasil kerja kerasnya tim Suaka juga di New York yang bantuin kami dapet permit dan visa kerja serta dapet link supaya bisa manggung di AS.”

Kini, tampil di depan penonton luar bukan lagi menjadi suatu hal yang membebani bagi Burgerkill. Malah, menurut Eben lagi, makin ke sini semakin terasa biasa. Terutama untuk penonton Eropa. Ia mengakui sejauh ini sudah tahu betul seperti apa kondisinya. Tapi khusus tur Amerika ini, Eben memperkirakan akan berlangsung lebih seru karena bakal menemui banyak hal baru di sana.

“Kami merasa bisa lebih seru aja bisa manggung di tempat-tempat baru dan bisa ketemu dengan orang-orang baru. Lebih exciting, lebih kayak ada tantangan baru lagi, seperti awal-awal mulai main band. Makanya di sana milihnya manggung di klub-klub, bar-bar, (supaya) bisa lebih intimate, bisa komunikasi dan bangun networking baru di sana.”

Untuk persiapan “Adamantine American Tour 2019” sendiri, Burgerkill telah menyiapkan jurus ampuh berupa 2-3 pilihan reportoar yang bakal digeber selama menjalani tur ketat tersebut. Karena sebanyak 16 titik bakal mereka jalani nyaris tanpa jeda dan istirahat. “Setiap reportoar memuat 7-8 lagu dengan durasi sekitar 45 menit. Kami akan membawakan sekitar 70% materi lagu dari album ‘Adamantine’, karena memang untuk mempromosikan album itu.”

Sebelum “Adamantine American Tour 2019” ini, tercatat Burgerkill telah mengantongi banyak pengalaman tur berskala internasional, di antaranya seperti Soundwave Fest 2009 dan Big Day Out 2010 di Australia serta keberhasilan menembus festival musik metal tertua, Wacken Open Air, Jerman serta Bloodstock Festival di Inggris pada 2015. Dan sebagai pelengkap, mereka juga berhasil mendapatkan  Golden Gods Awards kategori “Metal As Fuck” dari majalah Metal Hammer (Inggris) pada 2013 lalu.

Sejak terbentuk pada Mei 1995 silam, Burgerkill sudah merilis lima album studio, yakni “Dua Sisi” (2000), “Berkarat” (2003), “Beyond Coma and Despair” (2006), “Venomous” (2011) dan “Adamantine”. Burgerkill juga telah merilis DVD “We Will Bleed” (2013), buku dokumentasi plus DVD bertajuk “Burgerkill: Spit The Venom Photo Documentary Book & DVD” (2013) serta film dokumentar “Blasting Europe, Tour Documentary & Live at Wacken 2015”. (mdy/MK01)

Berikut daftar kota yang bakal dijelajahi Burgerkill di daratan Amerika Serikat:

10/16 – Philadelphia, PA. Century Bar

10/17 – Washington, DC. Atlas Brewery

10/18 – Roanoke, VA. Coffee Pot

10/19 – Dayton OH. Jimmy’s Ladder 11

10/20 – Chicago, IL. The Burlington Bar

10/21 – Iowa City, IA. Gabe’s Iowa City

10/22 – Minneapolis, MN. Hexagon Bar

10/23 – Madison, WI. Mickey’s Tavern

10/24 – Milwaukee / Michigan

10/25 – Mishawaka, IN. Smith’s Downtown

10/26 – Columbus, OH. Ruby Tuesday

10/27 – Pittsburgh, PA. Sub Alpine

10/28 – Baltimore, MD. Joe Squared

10/29 – Connecticut / Upstate NY

10/30 – Brooklyn, NY. Kingsland

10/31 – Holbrook, NY. Rams American Pub

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY