Ya, video musik dari lagu “Sweet Child O’ Mine” milik Guns N’ Roses secara resmi telah dinyatakan sebagai video musik pertama dari era ‘80an yang berhasil mencapai jumlah penonton sebanyak satu milyar di kanal YouTube saat ini!

“Sweet Child O’ Mine” yang merupakan salah satu single terbaik dari album “Appetite For Destruction” (1987) tersebut berhasil mengalahkan para pesaing terdekatnya yang belum berhasil menyentuh angka satu milyar, yakni video lagu “Take On Me” (A-Ha), “Girls Just Want To Have Fun” (Cindy Lauper), “Every Breath You Take” (The Police) dan “Billie Jean” (Michael Jackson). Menurut data tahun ini, setiap harinya, video resmi “Sweet Child O’ Mine” rata-rata ditonton sebanyak 590.000 kali.

Dan yang makin mencengangkan, untuk kategori video musik dari era ‘90an, Guns N’ Roses juga merupakan pemegang rekor terbanyak. Video dari salah satu karya terbaiknya yang bertajuk “November Rain” (1992) juga mencatat jumlah penonton di atas satu milyar. Lagu ini berhasil mengungguli “Smells Like Teen Spirit” (Nirvana) yang berada di peringkat kedua, lalu “Zombie” (The Cranberries), “I Will Always Love You” (Whitney Houston) dan “What’s Up” (4 Non Blondes).

Menurut data YouTube saat ini, kini Guns N’ Roses memiliki sebanyak 6,7 juta pelanggan (subscribers) di kanal resminya, dengan jumlah penonton rata-rata mencapai angka 3.1 juta per hari. Dan sepanjang 2019, Guns N’ Roses masuk dalam daftar 200 artis terbanyak ditonton video-videonya.

Guns N’ Roses terbentuk di Los Angeles pada 1985. Saat merilis salah satu albumnya yang tersukses, “Appetite for Destruction” yang telah terjual sebanyak lebih dari 30 juta keping di seluruh dunia, formasinya diperkuat oleh Axl Rose (vokal), Slash (gitar), Duff McKagan (bass), Izzy Stradlin (gitar) dan Steven Adler (dram). Selain “Sweet Child O’ Mine”, album itu juga melahirkan single “It’s So Easy”, “Welcome to the Jungle”, “Paradise City” dan “Nightrain”.

Di album berikutnya, “Use Your Illusion I” dan “Use Your Illusion II” (1991), terjadi perubahan formasi, dimana posisi Izzy digantikan oleh Gilby Clarke, Steven digantikan Matt Sorum dan ada penambahan kibordis Dizzy Reed. Akumulasi penjualan dari enam album studio Guns N’ Roses mencapai angka lebih dari 100 juta keping di seluruh dunia.

Saat ini, Guns N’ Roses yang dihuni formasi Axl Rose, Duff McKagan, Slash, Dizzy Reed, Richard Fortus (gitar), Frank Ferrer (dram) dan Melissa Reese (kibord) masih menjalani tur dunia “The Not in This Lifetime… Tour” yang telah berlangsung sejak 1 April 2016 lalu. Keuntungan dari tur tersebut sudah mencapai lebih dari USD 563.3 juta, dan membuat nama Guns N’ Roses berada di peringkat ketiga untuk pendapatan konser terbanyak di dunia sepanjang masa. Rangkaian tur tersebut sempat mampir di Jakarta, tepatnya berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan pada 8 November 2018 lalu. (MK03)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY