(Artis) Take Over – (EP) self-titled – (Prod.) 2019 Take Over

Sebuah album mini (EP) debut akhirnya diluncurkan Take Over, unit rock asal Jakarta, dalam format fisik (CD). Hanya ada lima kompisisi lagu yang termuat di EP tersebut, yakni “Jangan Modus”, “Menjadi Bijak”, Jangan Bersedih”, “Cuma Kamu” dan “Arti Kemenangan”. Dan kesan pertama saat mendengar keseluruhan materi EP, adalah sebuah penuturan rock dalam bahasa yang ringan dan renyah berhasil dihidangkan di sini. Tanpa embel-embel kerumitan, simpel dan mudah lekat di ingatan hanya dalam sekali dengar.

Terutama “Jangan Modus” yang menjadi trek pembuka. Lagu ciptaan gitaris Bagus Wyed ini diantarkan lewat kocokan riff yang groovy. Sangat mengedepankan riff simpel sebagai pengantar nada-nada pop yang sebenarnya lumayan kental membalut lagu ini. Dan pada isian solo gitar di bagian interlude – yang hampir selalu menjadi sisipan standar dalam sebuah lagu rock – tidak dipaksakan berpanjang-panjang. Proporsional. Sesuai kebutuhan. “Jangan Modus” juga diperkuat vokal pop yang sebenarnya menyimpan kadar rock yang terdengar kokoh. Lagu ini adalah sebuah komposisi yang dijamin bisa didengarkan berulang-ulang tanpa terasa cepat membosankan.

“Menjadi Bijak” bisa dibilang menjadi karya Take Over yang sedikit menyenggol ranah rock modern di EP ini. Disuguhkan lebih gelap, terutama pada bagian chorus, yang seketika mengingatkan kita akan karya-karya rock modern a la band luar macam Evanescence atau bahkan Halestorm. Namun dengan kadar distorsi yang tentunya lebih ringan.

Sementara untuk kebutuhan panggung, “Arti Kemenangan” tampaknya memenuhi syarat sebagai pengaduk emosi penonton. Tercium paduan enerjik riff rock masa lalu model Led Zeppelin dan Deep Purple, yang telah mengalami perlakuan modernisasi, terutama di lini sound. Sayangnya, penempatan vokal di lagu ini terlalu dikedepankan sehingga agak mengubur keriuhan rock yang harusnya bisa lebih greget dan ‘nendang’. 

Selain materi lagu yang memang tersimak mudah dicerna, kehadiran mantan gitaris Boomerang, John Paul Ivan – melengkapi formasi Bagus Wyed, Gatot Ary (bass), Joey Nasz (dram) dan Windy Saraswati – di EP ini sedikit banyak memberi sentuhan pengalaman dan kedewasaan, yang membuat lagu-lagunya menjadi terasa lebih matang.

Tapi satu catatan yang sepertinya harus menjadi bahan pertimbangan untuk karya selanjutnya adalah rancangan sampul. Memajang wajah-wajah personel secara jelas di sampul depan – dari sudut artistik – telah menyisakan poin minus untuk EP ini.

Take Over sendiri mengawali karirnya di kancah rock Tanah Air sejak 2004 silam, saat mewakili wilayah Banten, Jawa Barat di festival rock gelaran promoter Log Zhelebour. Take Over juga bahkan sempat menelurkan single keras bertajuk “Kiamat” yang termuat di album kompilasi “Rock Festival X”. Sekitar 12 tahun kemudian, Take Over terlahir kembali dengan formasi baru dan merilis single bertajuk “Jangan Modus” pada Mei 2017. Tak lama sesudahnya, John Paul Ivan pun bergabung sebagai personel tetap, sekaligus memproduseri EP debut Take Over. (mdy/MK01)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY