Hingga saat ini, Metallica sepertinya masih menjadi band rock dan metal yang tak tergoyahkan. Menutup 2019, salah satu monster thrash metal legendaris tersebut telah berhasil mencapai angka pendengar yang fantastis di platform dengar lagu (streaming) digital Spotify. Lewat akun Twitter resminya, Metallica mengabarkan bahwa lagu-lagu mereka di Spotify telah didengarkan sebanyak lebih dari satu milyar kali.

Unreal! Terima kasih untuk para penggemar kami yang paling berdedikasi di seluruh dunia… Kalian semua luar biasa!” Begitu tulis kubu Metallica di akun media sosialnya tersebut.

Metallica sendiri memulai kerja samanya dengan Spotify untuk pertama kalinya pada Desember 2012 silam, tak lama setelah membeli seluruh hak penggunaan lagu dan videonya, dan menerbitkannya via label sendiri, Blackened Recordings. Selain sembilan albumnya, Metallica juga menyertakan berbagai materi konser, seluruh single hingga lagu-lagu kolaborasinya di Spotify.

Spotify bukan makhluk asing bagi Metallica. Karena pemegang kendali Spotify, yakni Sean Parker, dulunya merupakan salah satu pendiri Napster, sebuah situs penyedia lagu-lagu gratis yang sempat merajalela di internet pada awal era 2000-an. Sementara Metallica, tercatat pernah meluluh-lantakkan Napster lewat jalur hukum atas penggunaan lagu-lagu Metallica tanpa kesepakatan yang bersifat legal.

Saat hadir di konferensi pers penetapan kerja sama Metallica dengan Spotify pada 6 Desember 2012, Lars Ulrich – mewakili Metallica – mengatakan bahwa antara dirinya dan Sean Parker telah sepakat untuk menyingkirkan permusuhan. “Kami menyadari punya banyak persamaan. Dulu kami masih muda dan mungkin bodoh. Kami sekarang duduk bersama dan berbicara dari hati ke hati,” tutur Lars Ulrich beralasan.

Sementara di situs resminya, Metallica memuji Spotify sebagai penyedia layanan dengar lagu terbaik saat ini. “Kami sangat bangga menjadi bagian dari Spotify.”

Sampai saat ini, Metallica yang terbentuk di Los Angeles, AS pada 1981 silam telah mencetak angka penjualan fisik seluruh album rekamannya sebanyak lebih dari 115 juta keping di seluruh dunia. Selain sukses secara komersil, beberapa album dan single juga berhasil mendatangkan delapan penghargaan Grammy buat Metallica. Sebelum diperkuat formasi Lars Ulrich, James Hetfield (vokal/gitar), Kirk Hammett (gitar) dan Rob Trujillo (bass), Metallica pernah dihuni gitaris Dave Mustaine (1982–1983), bassis Ron McGovney (1982) dan tentu saja, Jason Newsted (1986–2001). (MK02)

Kredit foto: Ross Halfin

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY