Lagu baru, tapi sebenarnya merupakan materi lama yang belum pernah dirilis sebelumnya. “Set Me Free”, judul lagu tersebut merupakan karya rekaman yang dieksekusi pada 2013 silam, saat Avenged Sevenfold menggarap album “Hail to the King”.

Kini, “Set Me Free” yang menghadirkan kontribusi musikal dari formasi Avenged Sevenfold era itu, yakni M. Shadows (vokal), Zacky Vengeance (gitar), Synyster Gates (gitar), Johnny Christ (bass) dan Arin Ilejay (dram) bakal disuguhkan ke publik, diselipkan di rilisan versi digital album “Diamonds In The Rough” pada 7 Februari mendatang. Sebelumnya, materi asli dari “Diamonds In The Rough” sudah pernah dirilis pada 10 April 2008 silam, sepaket dengan rekaman konser Avenged Sevenfold di Long Beach Arena yang bertajuk “Live In The LBC & Diamonds In The Rough”.

“Diamonds In The Rough” sendiri memuat kumpulan lagu-lagu alternatif (B-side) dari sesi rekaman album self-titled (2007) yang belum sempat dirilis, beberapa materi yang belum pernah diperdengarkan sebelumnya serta lagu daur ulang (covers) milik Iron Maiden yang bertajuk “Flash of the Blade” dan “Walk” dari Pantera.

Sejak merilis album “The Stage” (2016) yang tidak terlalu sukses dari segi komersil serta album mini (EP) “Black Reign” untuk kebutuhan video game “Call Of Duty: Black Ops 4” pada September 2018 lalu, Avenged Sevenfold cenderung non-aktif, baik dalam kegiatan rekaman maupun konser.

Avenged Sevenfold yang terbentuk di Huntington Beach, California pada 1999 silam telah merilis tujuh album studio serta dua album kompilasi. Dan penjualan keseluruhan albumnya, telah mencapai angka lebih dari delapan juta keping di seluruh dunia. Saat penggarapan album “Nightmare” (2010), Avenged Sevenfold sempat diperkuat Mike Portnoy (dramer Dream Theater saat itu) yang bergabung sementara menggantikan James “The Rev” Sullivan yang meninggal dunia setahun sebelumnya. “Nightmare” berhasil menjadi album terlaris di Amerika versi Billboard 200 pada minggu pertama setelah dirilis.

Album “The Stage” sendiri berhasil masuk di jajaran nominasi untuk kategori “Best Rock Song” (untuk lagu yang juga berjudul “The Stage”) di Grammy Awards ke-60 yang berlangsung pada 28 Januari 2018 lalu. Di kategori tersebut, Avenged Sevenfold bersaing dengan Metallica, K.Flay, Nothing More dan Foo Fighters. (MK03)

Kredit foto: Jeff Forney

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY