TOOL benar-benar menggila. Kegilaan dari kesuksesan yang diraih album terbarunya, “Fear Inoculum” yang dirilis 13 tahun setelah album “10,000 Days” tidak hanya mengegerkan dari sisi komersil, namun kini juga mendapat pengakuan sebagai yang terbaik di skena musik keras pada 2019 lalu.

Di panggung pelaksanaan pesta puncak Grammy Awards 2020 yang berlangsung di Staples Center, Los Angeles AS pada Minggu malam waktu setempat, single bertajuk “7empest” milik unit progressive metal tersebut dinobatkan sebagai pemenang kategori “Best Metal Performance”, mengalahkan saingannya; yakni lagu “Astorolus – The Great Octopus” milik unit doom metal Candlemass featuring Tony Iommi, komposisi thrash metal “Humanicide” (Death Angel), lagu post-hardcore “Bow Down” (I Prevail) serta karya metalcore “Unleashed” (Killswitch Engage).

“Wow, rasanya seperti memperbarui keyakinan saya bahwa di luar sana masih ada orang-orang yang mendengarkan lagu berdurasi 12 menit,” seru dramer Danny Carey tentang kemenangan TOOL tersebut.

Keberhasilan TOOL ini dinilai luar biasa oleh berbagai pihak, karena “Fear Inoculum” – album yang memuat single “7empest” – diluncurkan tanpa bantuan promo konser, atau penawaran pesanan pra-rilis, kemasan khusus atau merchandise sekali pun. Sebuah gebrakan yang sangat sulit dilakukan oleh banyak musisi rekaman, mengingat metode-metode promo konvensional tak lagi relevan dengan kondisi industri modern saat ini.

Secara resmi, “Fear Inoculum” dirilis pada 30 August 2019 via RCA Records. Karya rekaman berdurasi 85 menit tersebut diproduseri para personel TOOL sendiri, dengan bantuan Joe Barresi untuk eksekusi teknis rekaman dan mixing. Joe sendiri bukan orang baru bagi TOOL, karena sebelumnya ia juga terlibat di penggarapan album fenomenal, “10,000 Days”.

Sejak terbentuk pada 1990, TOOL yang masih diperkuat formasi Adam Jones (gitar), Maynard James Keenan (vokal), Justin Chancellor (bass) dan Danny Carey baru merilis lima album studio, yakni “Undertow” (1993), “Ænima” (1996), “Lateralus” (2001), “10,000 Days” (2006) dan “Fear Inoculum” (2019). Dari kelima album tersebut, TOOL berhasil memperoleh penghargaan Grammy, yaitu kategori “Best Metal Performance” untuk lagu “Ænema” dan “Schism” serta kategori “Best Recording Package” untuk album “10,000 Days”.

Oh ya, selain TOOL, penghargaan Grammy untuk insan musik keras juga telah diberikan kepada Cage the Elephant yang memenangkan kategori “Rock Album” lewat album “Social Cues”. Unit rock asal Kentucky, AS tersebut berhasil menyingkirkan Bring Me the Horizon, The Cranberries, I Prevail dan Rival Sons. Sementara di kategori “Rock Performance” dan “Rock Song”, keduanya dimenangkan oleh gitaris blues rock Gary Clark Jr.. (MK03)

Kredit foto: Travis Shinn

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY