Untuk kesekian kalinya, unit progressive metal paling popular di jagat musik keras ini kembali bakal menggelar konser di Indonesia. Lewat akun Instagram pihak promoter Rajawali Indonesia yang disiarkan hari ini, dipastikan formasi John Petrucci (gitar), John Myung (bass), James LaBrie (vokal), Jordan Rudess (kibord) dan Mike Mangini (dram) dijadwalkan bakal mentas di Allianz Ecopark Ancol, Jakarta pada Kamis, 16 April 2020 mendatang.

Kedatangan mereka kali ini sebagai bagian dari rangkaian The “Distance Over Time” Tour 2020, sekaligus merayakan 20 tahun perilisan album “Scenes from A Memory” (1999). Juga, merupakan kerja sama kedua kalinya dengan pihak Rajawali Indonesia. Sebelumnya, band legendaris yang antara lain dikenal lewat komposisi “Pull Me Under”, “Another Day”, “Lie”, “Hollow Years”, “Constant Motion”, “Forsaken”, “Peruvian Skies”, “Home”, “As I Am”, “I Walk Beside You” dan “The Answer Lies Within” tersebut pernah menjadi penampil utama di perhelatan “Jogjarockarta Festival 2017” di Yogyakarta pada 28 dan 29 September 2017 lalu.

Sementara untuk Dream Theater sendiri, penampilan di Ecopark mendatang bakal menjadi konser keempat setelah pentas di Mata Elang International Stadium, Ancol pada 21 April 2012, lalu di Lapangan D Senayan pada 26 Oktober 2014 dan di panggung “Jogjarockarta Festival 2017”.

Untuk menyaksikan The “Distance Over Time” Tour 2020 di Ecopark, tiket pra-jual mulai bisa dibeli pada 8 Februari mendatang, via Tiketapasaja.com @tiketapasaja. Harga yang ditawarkan sebesar Rp 700.000 (Fest. A) dan Rp  400.000 (Fest. B). Sementara untuk harga normal yang bakal mulai diberlakukan pada 9 Februari adalah sebesar Rp. 900.000 (Fest A) dan Rp. 600.000 (Fest. B). Tapi bagi calon penonton yang berniat membeli tiket pada hari konser di venue, diberlakukan tiket seharga Rp. 1.500.000 (Fest. A) dan Rp. 900.000 (Fest. B).

“Distance Over Time” sendiri merupakan judul album terbaru Dream Theater, yang dirilis pada 22 Februari 2019 lalu. Kali ini, tak lagi diedarkan via label Roadrunner Records, melainkan lewat InsideOut Music, label rekaman yang dikenal banyak menaungi band-band progressive seperti Kansas, Steve Hackett, Devin Townsend, Fates Warning, Kaipa, King’s X, Pain of Salvation, Riverside, Shadow Gallery, The Flower Kings, Transatlantic hingga Sons Of Apollo, band baru yang digerakkan dua mantan personel Dream Theater, yakni Mike Portnoy dan Derek Sherinian.

John Petrucci yang menakhodai produksi album terbaru tersebut, menyatakan bahwa target utamanya dalam menggarap “Distance Over Time” adalah berusaha menciptakan sound terbaik Dream Theater dari yang pernah mereka lakukan sebelumnya.

“Saya sungguh-sungguh ingin rekaman ini merefleksikan semangat, kesenangan serta gairah yang dilibatkan dalam prosesnya, agar orang-orang (yang mendengarkan) bisa merasakan kealamian, energi murni serta kepribadian band yang tertangkap saat menjalani proses rekaman di studio. Bagi saya, rasanya (target) itu tercapai dan saya berharap orang-orang pun merasakan yang sama,” bebernya meyakinkan.

Para personel Dream Theater mulai menggarap materi “Distance Over Time” sejak Juni dan berlangsung hingga September 2018 lalu. Mereka bersama-sama mengarantina diri dan mengeksekusi segalanya di Yonderbarn, sebuah studio di kawasan Monticello, New York. “Rasanya seperti pergi berkemah di musim panas,” tutur James LaBrie, mengenang.

Roda karir Dream Theater digulirkan pertama kali oleh John Petrucci, John Myung dan Mike Portnoy saat sama-sama menimba ilmu musik di Berklee College of Music, di Boston, Massachusetts, AS. Ketika memulainya pada 1985 silam, mereka mengibarkan nama Majesty, sebelum menggantinya menjadi Dream Theater tiga tahun kemudian. Dalam perjalanannya, sempat terjadi beberapa kali pergantian formasi. Sebelum formasi sekarang, Dream Theater pernah dihuni vokalis Chris Collins dan Charlie Dominici di era awal, lalu kibordis Kevin Moore (1985–1994) dan Derek Sherinian (1994–1999). Salah satu pendirinya, Mike Portnoy menarik diri pada 8 September 2010 dan digantikan oleh Mike Mangini yang pernah menghuni band rock Extreme. Sejauh ini, Dream Theater telah merilis 14 album studio, dengan angka penjualan keseluruhan mencapai lebih dari 8 juta keping di seluruh dunia. (MK03)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY