Sang guitar virtuoso panggung rock akhirnya mengumumkan jadwal perilisan album terbarunya. Diberi judul “Shapeshifting”, dan bakal diedarkan mulai 10 April 2020 mendatang via label Sony Music/Legacy Recordings. Sementara single pertamanya, “Nineteen Eighty” sudah bisa didengarkan melalui berbagai platform digital.

Di “Shapeshifting”, yang digarap bersama produser Jim Scott (Foo Fighters, Red Hot Chili Peppers, Tom Petty & The Heartbreakers), Joe melibatkan tim produksi dan musisi yang telah berkolaborasi dengannya sejak lama, serta beberapa nama baru. Ada John Cuniberti yang masih dipercaya menangani proses mastering, lalu dramer legendaris Kenny Aronoff (John Fogerty), bassis Chris Chaney (Jane’s Addiction), kibordis Eric Caudieux untuk sebagian besar pengisian musiknya, serta tambahan kontribusi dari Lisa Coleman (The Revolution) dan Christopher Guest.

Kali ini, khususnya yang tersirat di single “Nineteen Eighty”, Joe Satriani berusaha menonjolkan nuansa retro, mengunjungi masa saat Joe mengawali karirnya bersama band pertamanya, The Squares. Dimana ia ingin kembali mengemas permainan gitar solo seperti yang terbayang olehnya di era 1980an, namun kini dengan pendekatan yang modern.

Bahkan untuk mewujudkan itu, Joe Satriani dengan sengaja mengeksplorasi penggunaan efek klasik MXR EVH phaser di lagu tersebut. “Saya selalu menjadi penggemar berat Eddie Van Halen. Dalam pikiran saya, dia telah mengkristalkan era itu. Pada akhir era ‘70an dan awal 80an, Eddie telah menyelamatkan era gitar rock. Dan seperti itulah yang ingin saya lakukan,” ungkap Joe via siaran pers resminya, meyakinkan.

Selain dalam format digital dan fisik (CD), album “Shapeshifting” nantinya juga bakal dijual dalam kemasan piringan hitam (vinyl) dengan beberapa pilihan warna. Lalu, mulai pertengahan April mendatang, Joe Satriani bakal menggelar tur di kawasan Rropa untuk mempromosikan album tersebut. Dalam tur ini, Joe bakal didukung oleh Kenny Aronoff, bassis Bryan Beller (Aristocrats) serta kibordis Rai Thistlethwayte (Thirsty Merc).

Sejauh ini, Joe Satriani sudah merilis 15 album studio dengan angka penjualan keseluruhan lebih dari 10 juta keping di seluruh dunia. Dan di antaranya, berhasil menghasilkan 15 nominasi Grammy Awards. Sementara komposisi lagunya yang dikenal luas publik rock antara lain “Surfing with the Alien”, “Satch Boogie”, “Always with Me, Always with You”, “Crushing Day”, “Flying in a Blue Dream”, “The Extremist”, “Summer Song”, ”Cool #9” dan “The Crush of Love”. (MK03)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY