Wabah penyebaran wabah penyakit koronavirus 2019 – atau disingkat menjadi COVID-19 – semakin menggila. Sejumlah negara kini melakukan antisipasi ultra serius dalam mencegah penyebaran virus yang mulai menyebar sejak Desember 2019 lalu dan telah menelan banyak korban tersebut.

Di ranah bisnis pertunjukan musik, dampaknya mulai terasa. Sejumlah perhelatan konser dibatalkan. Menurut berita terbaru yang dilansir dari laman kompas.com, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) DKI Jakarta konon telah menangguhkan izin tiga konser yang awalnya akan berlangsung di Jakarta pada Maret ini.

“Ada tiga (izin konser) yang sudah masuk, untuk sementara kami tangguhkan, (yaitu) ‘Head in the Clouds’, ‘Babymetal’ dan ‘Foals Live in Jakarta’,” ujar Kepala Dinas PMPTSP DKI Jakarta, Benni Aguscandra, Selasa (3/3/2020).

Konser trio vokal pop metal asal Jepang, Babymetal tadinya direncanankan bakal berlangsung di Jakarta pada 29 Maret 2020 mendatang.

Kemarin, Ravel Entertainment yang akan menyelenggarakan konser “Hammersonic Festival” pada 27-28 Maret 2020 juga telah merilis pernyataan resmi bahwa dua penampil internasional yang harusnya menjadi bagian dari festival tersebut, yakni band gothic metal asal Italia, Lacuna Coil dan unit metal asal Afrika Selatan, Vulvodynia telah resmi membatalkan kedatangannya. 

Menurut penyelenggara, yang disiarkan via akun Instagram resminya, pembatalan kedua band tersebut terkait regulasi yang berlaku di negara masing-masing, adanya larangan untuk tidak bepergian ke luar negeri.

Saat ini, penyelenggara berusaha mencari band pengisi kekosongan yang ditinggalkan Lacuna Coil dan Vulvodynia sambil terus berkoordinasi dengan pemerintah, untuk mempertimbangkan tetap meneruskan penyelenggaraan Hammersonic.

“Langkah ini perlu kami ambil secara serius dan intensif untuk mengambil keputusan bersama dan yang terbaik, apakah gelaran Hammersonic tetap diselenggarakan pada 27-28 Maret atau akan penjadwalan ulang,” tulis pihak promoter.

Lacuna Coil yang baru saja merilis album “Black Anima” pada Oktober 2019 lalu mengumumkan pembatalan sejumlah konsernya di wilayah Asia dan Australia dua hari lalu. Pembatalan itu sebagai imbas dari penyebaran virus Corona yang juga berdampak parah di negaranya.

“Kami menyesal memberi tahu penggemar kami di Asia Tenggara bahwa karena keadaan di luar kendali kami, kami harus membatalkan pertunjukan mendatang di Dubai, Bangkok, Melbourne, Sydney, Tokyo, Osaka, Singapura dan Jakarta. Wilayah rumah kami di Lombardia, Italia, berada di tengah-tengah wabah Coronavirus. Sementara pembatalan itu memilukan bagi kami, kesehatan dan keselamatan semua orang harus didahulukan, termasuk penggemar kami. Kami yakin keadaan darurat ini akan segera teratasi dan kami bisa kembali menemui Anda. Terima kasih atas pengertiannya dan jaga diri,” tulis pihak band di akun media sosialnya.

Pembatalan konser di wilayah Asia, sebelumnya, juga telah diumumkan oleh unit punk rock asal AS, Green Day yang seharusnya menyambangi beberapa titik pada Maret 2020 ini. Mereka tadinya dijadwalkan tampil di Singapura, Bangkok, Manila, Taipei, Hong Kong, Seoul, Osaka dan Tokyo.

“Kami telah membuat keputusan yang sulit untuk menunda pertunjukan mendatang kami di Asia karena masalah kesehatan akibat virus Corona. Kami tahu ini menyebalkan, karena kami sangat menantikan untuk melihat Anda semua. Tapi tunggu, kami akan segera mengumumkan jadwal baru,” seru pihak band.

Sementara itu, promoter Akselerasi Entertainment yang bakal menggelar konser dua band rock asal AS di Jakarta, yakni Hoobastank dan Secondhand Serenade tetap otimis bisa menyelenggarakan event tersebut pada 25 Juli 2020 mendatang. Kedua band dijadwalkan tampil di “Everblast Festival” yang dicanangkan berlangsung di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dua raksasa rock legendaris Scorpions dan Whitesnake yang baru saja tampil di “JogjaROCKarta Festival #4” di Yogyakarta pada 1 Maret 2020 lalu, sampai sejauh ini tetap meneruskan turnya di wilayah Asia, tepatnya di Singapura dan Jepang. Tentunya kita berharap, penampil lainnya di “Hammersonic Festival” seperti Slipknot, Trivium, Amon Amarth dan lainnya juga mengikuti langkah dua band legendaris tadi, untuk tidak membatalkan jadwal konsernya di Indonesia.

Mari sama-sama mendoakan agar musibah penyebaran virus Corona ini segera berlalu, agar kehidupan dinamis dunia panggung bisa kembali berjalan seperti sedia kala. (MK03)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY