Masih kesal karena tidak jadi menyaksikan konser Slipknot secara langsung di panggung Hammersonic Festival? Nah, film konser dokumenter bertajuk “Slipknot Unmasked: All Out Life” ini mungkin bisa sedikit menghibur.

Sejak 16 April 2020 lalu, radio legendaris di Inggris, BBC Radio 1 telah menayangkan dokumentasi penampilan istimewa Slipknot di depan audiens terbatas via kanal YouTube. Sebelumnya, rekaman konser yang diinisiasi oleh BBC Radio 1 tersebut hanya bisa ditonton via saluran khusus Radio 1 di iPlayer.

“Slipknot Unmasked: All Out Life” sendiri digambarkan sebagai penelusuran internal yang unik dan menarik tentang karir dan kontroversi dari salah satu band heavy metal paling sukses dan kontroversial sepanjang masa: Slipknot. Film tersebut antara lain merangkum beberapa hasil wawancara terbaru dengan para personel serta orang-orang di balik produksinya, serta akses di belakang panggung yang eksklusif.

Konsernya sendiri direkam di Maida Vale Studios yang legendaris, di depan penonton dalam jumlah terbatas yang sangat dekat dan intim. Walau tampil dalam konser skala sangat kecil, tapi di sini Corey Taylor (vokal), Shawn Crahan (perkusi/vokal), Jim Root (gitar), Craig Jones (samples/kibord), Mick Thomson (gitar), Sid Wilson (turntables/kibord), Alessandro Venturella (bass), Jay Weinberg (dram) serta seorang pemain perkusi – yang belum diungkap identitasnya – tetap menggeber aksi panggung dengan maksimal, agresif dan brutal.

Mereka membawakan enam lagu dari masing-masing album yang pernah dirilis Slipknot, yaitu “Unsainted”, “Psychosocial”, “The Devil in I”, “Duality”, “Disasterpiece” dan “Wait and Bleed”.

Selain menghidangkan penampilan live, film ini juga menyoroti karir fenomenal gerombolan ekstrim yang berbasis di Iowa, AS tersebut selama rentang karir yang telah mencapai 25 tahun; mengungkapkan bagaimana salah satu band yang paling gigih dan bersuara lantang, yang pernah berjuang dengan alkohol, obat-obatan, depresi, kematian seorang anggota band, bisa meraih sukses dengan menduduki berbagai puncak peringkat lagu terlaris, dan tetap berdiri berani dengan jatidirinya.

Pada 9 Agustus 2019 lalu, Slipknot melanjutkan tebaran terornya lewat album terbaru berjudul “We Are Not Your Kind” (Roadrunner Records). Karya rekaman terbaru ini menyuguhkan 14 komposisi mencekam, antara lain “Unsainted”, “Solway Firth”, “Birth of the Cruel” dan “Nero Forte”.

Di Jakarta, Slipknot tadinya dijadwalkan tampil sebagai headliner di panggung “Hammersonic Festival 2020” pada 27 Maret 2020 lalu. Namun adanya musibah penyebaran wabah virus Corona yang menyerang sebagian besar belahan dunia, maka pesta metal terbesar di Asia Tenggara tersebut terpaksa harus ditunda hingga 15-17 Januari 2021 mendatang. (MK03)

.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY