Visualisasi ‘Kesepian’ EVANESCENCE dalam “Wasted On You”

Wabah corona memang telah menghentikan laju berbagai aktivitas luar ruang manusia di muka bumi, tapi itu bukan berarti kreativitas juga harus tersumbat. Paling tidak itu yang dilakukan oleh unit rock asal AS ini, dimana mereka memutuskan melepas single baru bertajuk “Wasted On You” di tengah kefrustrasian masyarakat dunia saat ini.

Dalam konteks bisnis, (saat) ini dianggap sebagai waktu yang buruk untuk perilisan. Tetapi kami percaya bahwa orang-orang sekarang justru membutuhkan musik melebihi sebelumnya. Kami melakukannya, dan kami tidak akan menunda untuk membagikannya karena siapa yang tahu apa yang akan terjadi di hari esok,” tutur vokalis, pianis dan penulis lagu utama Evanescence, Amy Lee via siaran pers resminya.

“Wasted On You” sendiri rencananya bakal termuat di album terbaru Evanescence “The Bitter Truth” yang direncanakan rilis tahun ini via label BMG. Album tersebut dieksekusi Evanescence bersama produser Nick Raskulinecz (Foo Fighters, Rush, Deftones) Nashville sejak akhir Januari 2020 lalu.

Dalam visualisasi “Wasted On You” yang bisa disaksikan di bagian akhir artikel ini, setiap adegan direkam oleh para personel Evanescence – Amy Lee, Tim McCord (bass), Will Hunt (dram), Troy McLawhorn (gitar) dan Jen Majura (gitar) di rumah masing-masing menggunakan ponsel iPhones saat menjalani isolasi mandiri. Dalam video klip tersebut, Evanescence merangkum suasana ‘sepi’, terputus dari dunia luar, dan hanya bisa menunggu atau berusaha menciptakan dunia sendiri dengan audiensi yang lebih kecil dari sebelumnya.

Lebih jauh, Amy Lee mengungkapkan bahwa proses rekaman “Wasted On You” sempat dilakukan di studio, namun lantas dilanjutkan dari jarak jauh karena adanya himbauan untuk berdiam di rumah masing-masing. Proses perampungan lagunya lantas dilakukan dengan saling berbagi data digital dan via telpon.

“Pengaturan mixing, penambahan vokal latar, membuat video dan desain albumnya dilakukan dari rumah, telah menjadi seperti air di gurun bagi saya, menjadi cahaya di saat gelap. Kami masih menulis dan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan di album ini, tapi kali ini kami ingin merilis lagu secara individual, menikmati lebih banyak momen bersama penggemar kami dan musik kami sambil merampungkannya. ‘Wasted On You’ (sebenarnya) bukan lagu yang kami rencanakan untuk rilis pertama, tetapi ketika seluruh dunia terkunci dan terbatas semuanya pun berubah. Begitu pula dengan perasaan yang ingin kami sampaikan sekarang. Saya tidak menulis lirik mengenai apa yang kita semua alami sekarang, tetapi entah bagaimana (liriknya) kurang lebih seperti itu.”

Evanescence yang dibentuk di Arkansas, AS pada 1995 silam mengalami jaman keemasannya saat merilis album debut “Fallen” (2003), yang menghadirkan kolaborasi harmonis antara Amy Lee dengan gitarisnya saat itu, Ben Moody. “Fallen” kini telah terjual sebanyak lebih dari 17 juta keping di seluruh dunia dan berhasil memenangkan dua dari tujuh nominasi penghargaan Grammy. Setelah ditinggal Ben Moody, formasi Evanescence terus berevolusi dan hingga hari ini hanya menyisakan Amy Lee sebagai satu-satunya personel asli yang bertahan. Evanescence sejauh ini sudah merilisempat album, yakni “Fallen”, “The Open Door” (2006), “Evanescence” (2011) dan “Synthesis” (2017). Pada 25 Februari 2012 silam, band ini pernah menggelar konser di Jakarta, tepatnya di Pekan Raya Jakarta (PRJ). (MK03)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *