UNDERRATED, Formula Metalcore/Deathcore Berkonsep ‘One Man Band’

Sulit dan minimnya talenta musisi di Majalengka, Jawa Barat untuk jenis musik metal bukan penghalang bagi gitaris Triyana Wangsadita untuk melampiaskan gelora kreatifnya. Mengibarkan sebuah nama alter ego, Underrated, ia pun merilis single debut digital bertajuk “Broken Mirror” pada hari ini, 19 Juni 2020.

Di lagu yang menghadirkan vokal Adit Batok tersebut, Triyana menggeber entakan metalcore, dengan riff gitar yang melodik serta dibalut dengan nuansa musik orkestra yang membuat lagunya terdengar sangar sekaligus megah. Ia antara lain memerah referensi dan inspirasi dari band-band cadas luar seperti Veil Of Maya dan Carnifex (AS), Architects (Inggris) dan Nocturnal Bloodlust (Jepang).

“Dari segi musikal,” tutur Triyana kepada MUSIKERAS, “(Kami) menggabungkan dua jenis genre, musik deathcore dan metalcore modern, dimana lagu ini terdapat beberapa ciri khas deathcore dan metalcore, seperti ada permainan blast speed drum, breakdown, karakter vokal yang memakai teknik fry scream, high scream dan growl yang sudah biasa diterapkan di musik deathcore dan metalcore. Tetapi untuk lebih simpelnya, kami tetap menyebutnya dengan metalcore saja, lalu menambahkan sedikit nuansa musik orkestra seperti string, piano supaya terdengar lebih megah.”

Triyana sendiri menggarap proses rekaman “Broken Mirror” secara mandiri di rumahnya, tepatnya di Throne Record yang merupakan usaha kecil home recording milik Triyana sendiri. Sementara untuk mixing dan mastering ia percayakan pada Ricky Aprianto di Rostels Records.

Dipandang sebelah mata dan diremehkan adalah alasan Underrated terbentuk pada 2020. Sementara ini masih berformat proyek solo Triyana atau one man band, namun tidak menutup kemungkinan menjadi band. Menurut Triyana yang terbilang sudah lama terjun di skena musik metal Majalengka dan tergabung dalam formasi unit deathmetal Operasi Jiwa sejak 2015 ini, sampai saat ini ia belum menemukan musisi yang pas karena kendala minimnya talenta di kotanya. Itu juga yang menjadi alasan kenapa lagu “Broken Mirror”  harus menghadirkan musisi lain.

Rencana Underrated berikutnya adalah merilis satu atau dua single lagi sambil terus mencari personel band yang lengkap. Skenario lainnya, juga ada kemungkinan menggarap album mini (EP) yang menghadirkan (featuring) musisi-musisi lain, mengingat saat ini Underrated sudah mengantongi tujuh materi lagu yang tinggal menyisakan porsi rekaman untuk vokal. (aug/MK02)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *