Kreativitas unit emo rock asal Jakarta ini menjauh dari ranggas, walau terkendala pandemi serta domisili para personelnya yang berjauhan. Menyusul single “Fall” yang dirilis pada Oktober 2019 lalu, formasi barunya – Chandra Erin (vokal/gitar), Machdis Arie (bass) dan Bounty Ramdhan (dram) – kembali hadirkan karya rekaman berupa single fresh bertajuk “Save Her”.

Pihak band menegaskan, “Save Her” merupakan karya perdana Sunrise dimana mereka memberi kepercayaan penuh kepada Bounty untuk berkreasi dan bereksplorasi. Konon, “Save Her” sendiri terinspirasi dari pengalaman Bounty setelah menyaksikan “28 Days Later”, sebuah film yang nuansanya langsung  mempengaruhi mood Bounty saat itu.    

Setelah menyelesaikan demonya, Chandra dan Arie pun lantas meresponnya via email. Maklum, kondisi pandemi membuat mereka harus memaksimalkan koneksi internet agar tak harus bertatap muka. Chandra menggarap liriknya, sementara Arie yang saat ini tengah berada di kota kelahirannya, Bontang, menyuntikkan alunan bass yang semakin meniupkan warna baru dalam olahan musikal Sunrise.

“Di lagu ‘Save Her’ ini,” tutur Sunrise kepada MUSIKERAS, “Kami benar-benar mengeluarkan sisi gelap sebagai musisi rock. Apalagi secara teknis, rekamannya benar-benar dilakukan sendiri-sendiri secara terpisah, yang justru memberikan kebebasan dalam berekspresi di lagu tersebut!”

Sambil merampungkan “Save Her”, perlahan Sunrise juga terus melanjutkan proses pembuatan album mini (EP) yang hingga hari ini pergerakannya sudah mencapai sekitar 40%. “Namun untuk waktu rilis kami masih belum bisa menentukan karena harus menyesuaikan dengan keadaan pandemi saat ini dan ke depannya.”

Sunrise pada 2011 silam dan sempat mengalami beberapa kali perubahan formasi. Sebelumnya, band yang awalnya banyak terpengaruh secara musikal dari band-band dunia seperti Saosin, Dance Gavin Dance, Circa Survive, The White Noise dan Movements pernah dihuni oleh vokalis Adri ‘Dudut’ Dwitomo dan Danindra ‘Uda’ Kamil, gitaris Fabian ‘Ami’ Azami serta dramer Putra ‘Puput’ Pra Ramadhan yang kini tergabung dalam formasi Burgerkill.

Sebelum single “Fall” dan “Save Her”, Sunrise sudah pernah merilis EP “When Daylight Fades” pada Agustus 2014 serta album penuh “Sunrise” pada Oktober 2017. Dari album ini, Sunrise antara lain mengunggulkan lagu “Break Break”, “A Story To Tell (Unbreakable)”, “Sad Song” dan “Vergeten” yang menghadirkan vokalis tamu, Vicky Mono dari Burgerkill. (mdy/MK01)

.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY