SPECIES & Yuri Becker Teteskan “Lemoon” Rasa Djent

Mengisi kehampaan di masa pandemi ini, semakin banyak musisi yang fokus berkarya dan sekaligus merilisnya. Salah satunya gitaris asal Yogyakarta, Yudhistira Gangga Pratama. Ia melabeli dirinya dengan nama Species, dan belum lama ini melepas sebuah komposisi instrumental bertajuk “Lemoon”.

Sebagai penetrasi awal, di sini Yudhistira menggandeng dua rekannya, gitaris prog-metal Yuri Becker (Mercusuar) dan kibordis serta pengolah synthesizer Ian Anatha (Alectrona) untuk berkolaborasi. Mereka melebur berbagai pengaruh, terutama dari area metal, djent, fusion serta progressive. Plini, gitaris instrumental asal Australia disebut Yudhistira sebagai acuan paling besar, selain John Mayer dan Mark Holcomb (Periphery). Inspirasi lainnya, tentunya dari seekor kucing bernama Lemon, milik Diajenk Budi, vokalis dan gitaris Alectrona.

“Lemoon” digodok Species selama dua minggu pada Februari 2020 lalu, yang diawali tektokan Yudhistira dan Yuri Becker dalam meramu aransemennnya. Kemudian dilanjutkan merekam isian gitar serta instrumen lainnya, yang dieksekusi di Blekik Production, sebuah studio kecil di kawasan antara Palagan dan Kaliurang. Perampungan final diteruskan oleh Momo Biru yang menangani pemolesan mixing dan mastering serta melengkapinya dengan sebuah video klip yang representatif garapan Deep Parapat.

“‘Lemoon’ bagi saya adalah sebuah percobaan proses jamming saya dengan Yuri. Apa yang muncul di otak seketika juga langsung direkam. Yuri dan saya yang bikin musik ini, jadi besar juga kontribusi Yuri di single ini. Sedangkan Ian, beliau yang mengisi nusansa agar lagu lebih hidup,” tutur Yudhistira kepada MUSIKERAS, meyakinkan.

Karya “Lemoon” ini diputuskan Yudhistira sebagai karya Species karena memang tidak bisa dimasukkan ke band-band dia sebelumnya. “Karena ini memang project ambisius saya dari alam yang akhirnya bisa terealisasi tahun ini. Tapi untuk live tetap pakai format band.”

Rencananya, setelah “Lemoon” akan ada lagi single-single selanjutnya dari Species. Sementara ini, bisa dengarkan “Lemoon” di berbagai platform digital seperti Spotify, Apple Music, iTunes serta di kanal YouTube. (aug/MK02)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *