Ini Kebanggaan INVASI dalam Skena Musik Cadas

Jika menyukai getaran distorsi yang memicu headbang, pendatang baru asal Bandung ini bisa jadi salah satu vitamin. Mereka antara lain memadukan pengaruh dari Pantera dan Lamb of God, yang lantas diramu sedemikian rupa oleh para personelnya menjadi sebuah komposisi groovy berjudul “Replica of Justice”. Lagu ini merupakan single kedua dari Invasi, band yang baru terbentuk pada Juli 2019 lalu. Sebelumnya, mereka juga telah meletupkan single “System Kemunafikan” yang dilepas pada Februari 2020.

“Dari segi musikal, single ‘Replica of Justice’ ini cukup cadas. Kami merasa bangga bisa membuat karya lagu seperti itu. Cukup rumit untuk dimainkan,” seru pihak band kepada MUSIKERAS, mengesahkan.

Para personelnya, yakni Agung Permana (vokal), Nizar ‘bqoy’ Dwi (gitar), Rizky Nugraha (bass) dan Dzakky Arifiansyah Saputra (dram) memulai penggodokan “Replica of Justice” pada April 2020. Ide untuk merekam single baru terpicu oleh kehampaan aktivitas akibat pandemi, sehingga mereka pun memilih memanfaatkan waktu luang tersebut.

Dimulai dari Nizar yang membuat satu materi lagu dan merekam isian gitarnya, karena kebetulan ia memiliki perangkat studio rekaman rumahan. Khususnya untuk gitar dan bass. Materi itu lantas dibagikan ke personel lainnya via aplikasi WhatsApp dan dikembangkan berdasarkan tugas masing-masing personel. Sekitar Juni, atau saat mulai memasuki masa ‘new normal’, barulah isian vokal dan dram dieksekusi di studio rekaman yang lebih representatif bernama Yeah Musik. Keseluruhan proses rekaman vokal dan dram berlangsung selama kurang lebih lima jam. Lantas dilanjutkan dengan proses pemolesan mixing dan mastering di studio yang sama selama kurang lebih dua minggu.

“System Kemunafikan” dan “Replica of Justice” sendiri bakal menjadi sebagian amunisi di album mini (EP) Invasi yang telah dicanangkan. Mereka kini menyisakan dua lagu lagi untuk merampungkan keseluruhan EP, dan pihak band sudah menargetkan beres dalam waktu dekat.  

“Kami hanya ingin fokus mengumpulkan karya musik sebanyak banyaknya. Jika keadaan sudah benar-benar normal dan event musik metal sudah mulai banyak, kami pasti akan promo musik kami dari panggung ke panggung,” cetus Invasi menjanjikan.

Sambil menunggu EP debut Invasi dirilis, kecadasan “Replica of Justice” dan “System Kemunafikan” bisa didengarkan dan disaksikan di kanal YouTube resmi Invasi. (aug/MK02)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *