HESTRAIGHT: “Kami Suka Sound Berat, Padat dan Lugas!”

Usai menjalani masa vakum pasca kehilangan dua personel mereka, plus terhadang masa pandemi Covid-19, kini unit stoner rock/heavy metal asal Gowa, Sulawesi Selatan ini menyatakan siap untuk kembali mengibarkan eksistensinya di ranah musik keras. Hasilnya sebuah demo self-titled mereka luncurkan sejak 22 Oktober 2020 lalu secara independen. Dirilis dalam format fisik (CD) yang dipaketkan dengan produk t-shirt resmi mereka.

Sebelumnya, dua lagu yang menjadi amunisi demo tersebut, yakni “Racun Birahi” dan “Perang” sebetulnya sudah pernah dilepas dalam format digital di kanal YouTube serta Soundcloud. Masing-masing ditayangkan pada 23 Juni 2019 dan 11 Januari 2020.

Demo “Hestaright” sendiri digarap tak lama setelah kuartet Muh. Hidayat (vokal), Muh. Fajrin Ardinata (gitar), Firman Kamaruddin (bass) dan Anchy (dram) ini terbentuk, yakni pada Mei 2019 lalu. Sesuai dengan makna nama mereka yang lugas. Mereka tidak butuh waktu lama untuk berpikir dalam memulai sesuatu. Kebutt!

Hestraight merekam demo tersebut melalui proses yang dimulai dari pengisian ide dari gitar, lalu bass dan seterusnya, dengan alat yang seadanya. Mereka juga mengaku mendapat bantuan dari salah satu teman mereka, Fadlan untuk melengkapi beberapa peralatan yang dibutuhkan.

“Kami kerjakan sekitar tiga minggu mulai dari take sampai mixing dan mastering. Kami merekan single ini di dua tempat berbeda, untuk ‘Racun Birahi di Ef-Creatif dan untuk ‘Perang’ dikerjakan di Laboratorium Audio,” beber pihak band kepada MUSIKERAS.

Sejak awal, leburan elemen stoner rock dengan heavy metal telah menjadi intisari garapan musik Hestraight. Mereka menyebut band-band seperti Down, Dozer, Cowboys and Aliens, Exodus, Kyuss, Seringai dan Motorhead memberi banyak pengaruh.

“Tidak ada alasan signifikan dari setiap personel kenapa kami memilih stoner rock, yang pasti kami suka dengan karakter sound yang berat, padat dan lugas. Karakter sound seperti itu kami dapat di dalam stoner rock dan heavy metal. Kami melihat karakter tersendiri yang dimiliki stoner rock,” cetus Hestraight lagi meyakinkan.

Setelah “Racun Birahi” dan “Perang”, Hestraight kini sudah memulai persiapan amunisi berikutnya. Beberapa di antaranya bahkan sudah rampung, yang dialokasikan untuk kebutuhan perilisan album mini (EP). (aug/MK02)

.

One reply on “ HESTRAIGHT: “Kami Suka Sound Berat, Padat dan Lugas!” ”
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *