BRANDOFFER: “Kami Suarakan Keresahan dan Diskriminasi di ‘Serambi Mekkah’.”

Lahir dan menggeliat di ibu kota yang dijuluki ‘Serambi Mekkah’ bukan hal mudah bagi sebagian besar band penggiat musik-musik cadas di Banda Aceh. Termasuk unit hardcore bernama Brandoffer ini. Mereka terhambat stigma yang menganggap bahwa musik keras seperti geberan mereka dan teman-teman mereka lainnya adalah penyakit sosial, pembuat onar dan hal-hal miring lainnya. Belum lagi dengan adanya beberapa regulasi yang terkesan dipersulit oleh pemerintah kota mereka.

“Menurut kami, malahan sepertinya ‘pasukan Jubah Putih’ yang merasa mengklaim surga adalah milik mereka memang tidak suka dengan kebebasan berkespresi ini. Walau pun diatur dalam undang-undang, bagi mereka itu tidak berlaku. Paling terakhir kasus yang terjadi adalah pembubaran paksa penampilan band Base Jam di helatan akbar Aceh Culinary Festival,” seru pihak Brandoffer kepada MUSIKERAS, blak-blakan.

“Secara lirikal, single ini merupakan kelanjutan dari (single sebelumnya) ‘Sic Et Non’ yang mana secara gamblang menggambarkan kemuakan kami akan mereka yang puritan, berlagak Maha Benar yang kian terikat dengan dogma, mereka yang memandang sebelah mata terhadap skena musik keras seperti kami, yang menurut mereka, skena kami mengandung konteks kekerasan dan sebagainya,” ujar Gerry Andika, vokalis Brandoffer.

Tantangan dan hambatan semacam itu pula yang menjadi salah satu alasan Brandoffer memilih untuk mencecar lewat paham hardcore sebagai sarana pelepasan unek-unek yang bergejolak. “Kami memilih hardcore sebagai genre utama karena menurut kami hardcore cukup bisa merepresentasikan keresahan kami akan kesenjangan sosial, diskriminasi sesama umat beragama, kebebasan berekspresi di ibu kota provinsi yang dijuluki ‘Serambi Mekkah’ ini.” 

Sebagai bukti keseriusan Brandoffer yang dihuni formasi Hadi Kollias (gitar), Rizal (gitar), Januar Aden (dram), Ami (bass) dan Gerry Andika, mereka pun merilis single panas terbaru bertajuk “Knock You Out!” via label independen, Bukan Dari Ibukota Records. Sejak awal, karya rekaman terbaru ini sudah terasa sangat spesial bagi mereka, mengingat cukup lama ‘absen’ semenjak meluncurkan lagu “Sic Et Non” tahun lalu.

Dari sisi aransemen, “Knock You Out!” menggelegarkan aura perlawanan nan ‘gelap’ yang semakin terbentuk menjadi ciri khas musik Brandoffer. “Aransemen kali ini, kami cukup puas karena ini sangat menggambarkan Brandoffer, menggelegar dan melawan, disertai dengan breakdown yang berat. Beberapa inspirasi kami dalam membuat single ini kami ambil dari beberapa band seperti Spite (AS), Thy Art Is Murder (Australia), Knocked Loose (AS), dan selebihnya single ini diilhami dari moniker kami sebelumnya,” umbar Rijal, meyakinkan.

“Jika dibandingkan dengan “Sic Et Non”, secara musikal kami bisa mengatakan ‘Knock You Out!’ini adalah percobaan kami untuk membuat lagu yang lebih ‘gelap’ dari materi kami lainnya,” timpal Hadi. “Dimulai dengan penggunaan tuning yang lebih rendah dari materi kami sebelumnya. ‘Sic Et Non’ di (tuning) A#, sementara ‘Knock You Out!’ di A. Dan juga, penggunaan breakdown yang mendekati musik-musik dari genre deathcore pada umumnya. Tetapi dengan mempertahankan genre awal kami, hardcore!” 

“Knock You Out!”  sendiri merupakan jembatan menuju perilisan album mini (EP) Brandoffer yang saat ini proses rekamannya tengah berlangsung. “Ada beberapa track yang masih dalam proses kreatif penyusunan materi. Dikarenakan pandemi Covid-19 kami agak kesusahan dalam menyelesaikan beberapa materi, berhubung dramer kami, Aden masih di Bekasi.” (aug/MK02)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *