TIRANT: “Benang Merah Kami Adalah Rock yang Fresh!”

Unit rock asal Malang, Jawa Timur ini merilis karya rekaman album perdananya, “Anomali” di tengah pandemi, tepatnya pada 13 November 2020 lalu. Ya, kenapa tidak? Karena menurut Tirant, justru di masa inilah konsumsi orang-orang terhadap internet sangat meningkat.

“Dalam masa pandemi memang semua serba berubah. Termasuk pola konsumsi musik. Masyarakat punya pola baru untuk merasa dekat dengan musik. Salah satunya internet. Promo digital menjadikan peluang besar untuk ini sembari melihat tren ke depan,” tutur pihak band kepada MUSIKERAS, percaya diri.

Selaras teori itu, Tirant juga menyurahkan ekspresi yang setema dengan lirik-lirik lagu di album “Anomali” tersebut.  

“Anomali berkisah tentang suatu perihal yang dianggap biasa namun belum tentu lazim untuk orang lain, begitu pula sebaliknya. Kami menganalogikan album ini bagaikan sebuah teropong yang mengamati suatu fenomena tanpa ada maksud pro atau pun kontra,” seru bassisnya, Pahri Prasojo. 

Selama lebih dari setahun eksis di belantika musik Kota Malang, Tirant yang juga diperkuat Irham Aunur Rozaq (vokal/gitar), Cyndy Meilani (vokal), Achmad Muizzul dan Satrio Bagus Wicaksono (gitar) serta Diki Ramadan (dram) merasa akhirnya berkesempatan untuk melahirkan album. Di karya ini, menyajikan sudut pandang masing-masing personel, yang tergambarkan dalam setiap materi lagu. “Anomali” yang digarap selama hampir setahun bermaterikan delapan lagu yang menceritakan berbagai fenomena yang kadang tidak terbesit dalam benak khalayak ramai.

Menurut Tirant, terdapat tiga lagu yang menjadi andalan di album “Anomali”, yaitu “Selancar”, “Nokturnal” dan “Ego” karena mereka anggap materinya lebih fresh dibanding lagu lainnya. Tapi keseluruhan disepakati berada dalam lingkup rock sebagai benang merahnya.

“Dengan kombinasi riff (gitar) dan beat dram yang ‘meriah’, membuat setiap lagu dalam album ini punya karakter. Referensi dan inspirasi dari album ‘Anomali’ adalah (dari band-band seperti) The SIGIT, Kelompok Penerbang Roket, Barasuara, Arctic Monkey hingga Guns N’ Roses.”

“Anomali” kini bisa didengarkan di berbagai layanan jasa music streaming. (aug/MK02)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *