Rindu Panggung, SCARHEAD BARRICADE Lepas “Live Studio Session”

Seperti pemahaman umum di kalangan musisi, menggelar pertunjukan secara daring adalah salah satu pilihan paling efektif dan aman di masa pandemi ini. Tak terkecuali kuartet grindcore berbahaya asal Palu, Sulawesi Tengah ini. Dipicu kerinduan akan manggung plus kehadiran sang vokalis yang telah menetap di kota lain telah menggerakkan Scarhead Barricade untuk menggeliat lagi. Hasilnya, mereka pun merekam pertunjukan daring bertajuk “Live Studio Session”.

Formasi Raynard Batara (vokal), Mu’ayyad (gitar), Kevin Sahuri (bass) dan Bintang Mahatma (dram) mengeksekusi rekaman live mereka di RNR Music Studio, Palu pada pertengahan Juni 2020. Ada 10 nomor ledak dari album debut mereka, “Earth” (2017) yang digeber. 

Kepada MUSIKERAS, Scarhead Barricade mengaku proses pengambilan gambar cukup menantang, karena harus beraksi di depan kamera. “Mungkin lebih ke grogi karena harus perform dengan kamera mengarah ke kami, hahaha. Terkait teknis, walaupun masih banyak kekurangan tetapi kami memaksimalkan semuanya, baik audio maupun visual,” seru Ayyad, mewakili rekan-rekannya di band.

Lalu setelah melalui proses panjang pengolahan audio dan visual, “Live Studio Session” akhirnya resmi dilepas, via laman YouTube resmi Senggama Records sejak Jumat, 13 November 2020 lalu. Scarhead Barricade berharap, lewat rilisan mereka tersebut bisa sedikit mengobati kerinduan pendengar musik mereka dan menjadi pemicu agar kancah musik ekstrim di Palu tetap bergairah walaupun dalam kondisi memprihatinkan seperti saat ini. 

Scarhead Barricade memulai invasi kerasnya pada 24 Juli 2010 silam dengan mengandalkan racikan grindcore yang dibumbui sentuhan hardcore, plus berbagai referensi cadas dari band-band yang mereka dengarkan seperti Napalm Death, Hatebreed, Slayer, Slipknot serta para pejuang metal dalam negeri macam Dead Vertical, Rajasinga, Seringai, Deadsquad dan Kapital. Lalu bertepatan dengan perayaan Record Store Day pada 21 April 2017, lalu, Scarhead Barricade merilis album “Earth”.

Saat ini, Scarhead Barricade sedang menggodok materi untuk album keduanya secara bertahap. Kini pengerjaannya sudah mencapai kurang lebih 50%. (mdy/MK01)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *